24 C
id

Makna Baju Basiba Perempuan Minang

Makna Baju Basiba Perempuan  Minang
Bukittinggi - Kemajuan zaman membawa kita masuk dalam zona kehidupan modern, sehingga lambat laun terjadi pergeseran pola hidup dan tradisi sesuai dengan tuntutan zaman dan gaya hidup.

Persatuan Wanita Kurai (PWK) adalah salah satu wadah bagi ibu-ibu Bundo Kanduang Kecamatan Mandiangin Koto Selayan yang berperan menjaga kultur budaya adat Minangkabau.

Bertempat di Aula Kantor Camat Mandiangin Koto Selayan pada Jumat, (15/9/2023), PWK mengadakan pertemuan bulanan rutin PWK Jorong Mandiangin dan mempererat silaturahmi dengan menghadirkan narasumber Bundo Hj Zulzetri, Spd, Mpd.

Dihadiri lebih kurang 50 orang bundo kandung di 5 jorong dan 9 kelurahan hadir dalam pertemuan ini. Dalam pertemuan ini narasumber  membahasa tentang makna baju basiba atau baju kuruang serta makna di setiap jahitan serta kerudung (tangkuluak) yang dipasang di kepala bundo kandung dan perempuan minang.

Gustini K, Sekretaris PWK juga berharap jadilah kita sebagai media untuk menciptakan suatu keharmonisan dalam hidup ini serta menjaga nilai-nilai tinggi adat istiadat kita sebagai orang Minangkabau, imbuhnya.

Karena tantangan hidup akan semakin besar di kehidupan modern ini. Untuk itulah kita harus lestarikan adat budaya Minangkabau agar bisa menjadi penyeimbang, ucapnya.(Rika)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -