24 C
id

RUMAH GADANG ALM. SYEKH H. SALIM UMAR TERBAKAR

Labuang - Sabtu, 10/09/2011 |
Rumah Gadang Alm. Syekh H. Salim Umar (Angku Karuang) terbakar malam petang Jum'at (09/09) bersamaan dengan 2 rumah lainnya di kampuang VI jorong Labuang nagari Canduang Koto Laweh.
Rumah Gadang milik Inyiak Drs. Dedi Ardona, M.Si (Camat Talawi) itu dilalap api pada pukul 22:50 Wib. Menurut saksi mata, sumber api tidak diketahui. Masyarakat tahu hanya ketika api telah besar berkobar dari arah barat rumah gadang itu. Kibasan angin yang juga datang dari barat mempercepat penyebaran bunga api hingga melalap habis 3 rumah yang sebaris bersamaan. Disamping itu 5 rumah di kelilingnya mengalami kerusakan akibat hawa panas dan safty massa.
Zulfahmi salah seorang cucu Angku Karuang alumni MTI Canduang yang bertugas di kantor Kemenag Agam Lubuk Basuang, nampak sabar menerima cobaan itu walaupun ia kehilangan hampir semua barang-barangnya. Hanya motor dan beberapa surat berharga saja milik saya yang selamat ungkap Fahmi. Untuk sementara korban diungsikan ke rumah kerabat.
Alm. Syekh H. Salim Umar (Angku Karuang) adalah seorang ulama besar di Canduang yang ahli dibidang Tafsir. Beliau termasuk salah seorang murid terpandai Syekh Sulaiman Arrasuli dan menghabiskan umur mengajar di MTI Canduang.
Siang harinya nampak guru-guru dari MMUS V Suku Canduang dan MTI Canduang melayat membezuk korban. | CMC-003
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -