24 C
id

H -3, LALU-LINTAS SIMPANG CANDUANG MASIH STABIL

Simpang Canduang - Sabtu/27/08/2011 |

H - 3 - Sabtu sore (27/08) jalan lintas Sumatera ruas Simpang Canduang - Baso, masih terlihat normal terkendali. Dari data POSKOTIS (Pos Komando Taktis) Simpang Canduang tercatat arus perjalanan permenit adalah: kendaraan roda 2 arah ke Bukittinggi 18 dan Aramah Payakumbuh 12. Kedaraan roda 4, 12 arah Bukittinggi dan 14 keluar ke arah Payakumbuh. Sedangkan kendaraan roda 6, dua masuk dan satu arah keluar.

F. Sirait, KUKL (Kepala Unit Kerja Lengkap) 3 Simpang Canduang mengharapkan supaya pemakai jalan mematuhi tata-terbib berlalu lintas. Bagi pengendara roda 2, jangan paksakan perjalanan bila mengalami penat dan mengantuk. Kami berharap masyarakat tidak sungkan untuk singgah di pos kami. Sekedar untuk istirahat kami akan memberikan pelayanan yang kami mampu. Bila ada keluhan dan pertolongan silahkan hubungi kami di normor: 085289559297 (Polresta Bukittinggi). Bagi pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalu-lintas, kami akan memberikan peringatan dan ganjaran sepantasnya tambah Sirait.

Ketka itu F. Sirait memberikan brosur tips aman di perjalanan diantaranya adalah:

1. Di lampu lalu lintas

Sering kita lihat, pengendara motor atau mobil melihat lampu lalu lintas yang diarah lain. Misalkan saat di perempatan, pengendara lihat lampu lalu lintas yang ditujukan pada arah sebelah kanan kita sudah berwarna kuning, maka pengendara langsung bersiap menggeber gas.

Hal ini sangat berbahaya karena dari arah tersebut bisa saja masih ada kendaraan yang menerobos lampu kuning. Jadi saat kita dihadapkan pada lampu lalu lintas, perhatikan saja lampu yang ada dihadapan kita. Saat sudah menyala hijau baru kita berjalan, tentu saja dengan tetap memperhatikan kondisi lalu lintas di sekitarnya.

2. Di dekat mobil

Hati hati jika kita akan melintas di dekat mobil, karena bisa saja penumpang mobil tsb berhenti tiba-tiba dan membuka pintu atau berbelok tiba-tiba. Usahakan saat kita melintas didekat mobil, kita berada pada jangkauan penglihatan kaca spion mobil tsb sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita.


3. Melintas dekat mobil yang berhenti

Saat melintas dekat mobil yang berhenti, kita tidak tahu apa yang ada didepan mobil. Bisa saja ada orang yang akan menyeberang sehingga mobil tsb berhenti. Jadi coba untuk memperlambat kendaraan dan memastikan jalan dalam kondisi aman.

4. Saat berkendara disamping mobil di sisi dalam tikungan

Ketika mobil berbelok ditikungan, sisi belakang mobil cenderung semakin rapat kesisi dalam karena perbedaan radius putar antara ban depan dan belakang, sehingga tidak aman bagi motor untuk berada disi dalam tikungan saat mobil menikung.

5. Mendahului mobil yang tidak aman

Mendahului mobil pada posisi yang tidak memungkinkan kita melihat kondisi lalu lintas didepan sangat berbahaya, contohnya:
• Saat berada ditikungan
• Saat di puncak tanjakan
• Dalam terowongan tanpa pembatas jalur
• Dekat persimpangan jalan
• Dalam kompleks perumahan atau dekat sekolah dimana anak-anak banyak bermain

6. Melintas diantara mobil dalam antrean.

Saat melintasi diantara mobil dalam antrean, bunyikan klakson bila siang hari dan nyalakan lampu jauh bila malam hari sesering mungkin untuk memberikan perhatian dan jangkauan penglihatan kaca spion bagi kedua jalur mobil yang kita lintasi sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita.

------------
Dilaporkan oleh: Fitrayadi
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
- Advertisment -
- Advertisment -