24 C
id

TIM SYAFARI KABUPATEN BERKUNJUNG KE CANDUANG

Jama'ah masjid Jamik Sidang Sebuah Balai jorong Lubuak Aua kenagarian Canduang Koto Laweh membludak pada malam petang Jum'at (05/08/2011). Hal itu sekaitan dengan kunjungan Tim VIII Syafari Ramadhan Kabupaten Agam ke kecamatan Canduang. Hitungan manual diperkirakan 500 orang memadati masjid yang terletak diperbatasan 3 jorong itu sehingga banyak anak-anak yang tidak dapat tempat shalat karena telah dipenuhi oleh shaf orang dewasa.

Rombongan sejumlah 17 orang yang diketuai oleh Letnan Kolonel Joko Setyo, Dandim 0304/Agam ini diterima pada acara Buka Bersama di Surau Panjang depan Masjid Jamik Sidang Sabuah Balai oleh SKPD Kecamatan Canduang, SKPN Canduang Koto Laweh, Tokoh-tokoh masyarakat, pengurus masjid, wali-wali jorong, niniak-mamak dan alim-ulama. Setelah shalat Tarwih, Siraman rohani disampaikan oleh Drs. H. Darnis Burhan Dt. Bagindo, alumni MTI Canduang yang sekarang menjabat sebagai pengurus Ormas Persatuan Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Agam.

Letkol Joko Setyo menghimbau masyarakat supaya lebih hati-hati terhadap aliran sesat dan ajaran-ajaran keras yang memicu tindak terorisme. Akhir-akhir ini Sumatera sering menjadi objek pemberitaan media massa tentang pelatihan teroris di Aceh dan aksi-aksi teroris lainnya. Walaupun pemerintah telah membentuk Badan Penanggulangan Terorisme, namun hal itu tidak cukup jikalau tidak ada dukungan dan partisipasi dari masyarakat.

Drs. Maryanis Staf Ahli Bupati Bidang Pengendalian Pembangunan dan Pengembangan Perkotaan Kab. Agam mengajak masyarakat berdialog, menggali aspirasi, mendiskusikan berbagai program pemerintah kabupaten akhir-akhir ini, seperti e-KTP, Gerakan Mengaji di waktu Magrib, Gerakan Thaharah, Gerakan penanaman pohon dan lain-lain.

Drs. Hadrial Rajo Bagindo, pengurus Masjid Jamik Sidang Sabuah Balai mengusulkan 1. Sejak
20 tahun yang lalu sekolah-sekolah kita PBM di bulan Ramadhan, masjid lengang kegiatan, anak-anak disibukkan oleh PR, sehingga mereka tidak sempat lagi mengurus MTQ dan memakmurkan masjid. Diusulkan supaya PBM Ramadhan dialihkan ke Masjid seperti yang telah dilakukan Kota Padang. 2. Sejak beberapa tahun ini sekolah-sekolah formal di kabupaten Agam juga menyelenggarakan pendidikan + MDA di sore hari, sehingga MDA yang telah ada sebagai hasil jerih payah masyarakat terasa tidak berguna lagi. Ada ketumpang-tindihan antara keduanya. Diusulkan kepada pemerintah untuk segera mencarikan solusinya. 3. Bila ada tambahan kendaraan operasional Pemadam Kebakaran diusulkan supaya ditempatkan di Pasar Agro Koto Hilalang supaya bisa secepat mungkin menjangkau wilayah-wilayah timur Agam ini.

Fitriati, jama'ah masjid mengusulkan percepatan penyebaran praktek pertanian organik di kecamatan Canduang sebagai upaya untuk menyukseskan program Canduang Organik 2012.

Drs. Metrizal, Sekretaris Wali Nagari Canduang Koto Laweh menyampaikan bahwa beberapa ruas jalan di pusat pemerintahan Canduang Koto Laweh telah rusak, berlobang-lobang, mohon segera ditindak lanjuti oleh pemerintah.

Kunjungan ditutup dengan penyerahan bantuan 2 juta rupiah yang diserahkan oleh Ketua Tim kepada pengurus Masjid Sidang Sabuah Balai yang diwakili oleh F. Kari Bareno, SE. MM |CMC-003


Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
- Advertisment -
- Advertisment -