24 C
id

SENTUHAN TANGAN MUZAKKI RAMADHAN 1432 H

Sudah empat tahun berturut-turut, selama Camat Canduang Monisfar, S.Sos bertugas di kecamatan Canduang, Monisfar telah mencanangkan salah satu program yang langsung menyentuh kehidupan keluarga tidak mampu termasuk keluarga anak yatim, yang lebih dikenal dengan program GEMAR ZAKAT ( Gerakan Amar Ma'ruf ) Zakat. Untuk tahun 2008 dan 2009 dan 2010 bertepatan juga pada saat bulan suci Ramadhan tiga tahun silam, telah disalurkan program Zakat ini sebanyak Rp. 270 juta lebih yang diterima oleh para Mustahiq se- kecamatan Canduang. Khusus untuk tahun sekarang ini tengah dibagikan juga Zakat kepada para Mustahiq yang tersebar di tiga nagari yang ada di kecamatan Canduang sebanyak Rp. 60 juta lebih.

Zakat ini bukan berasal dari lembaga pemerintahan atau lembaga swasta, tapi berasal dari pribadi-pribadi yang sengaja diupayakan oleh Camat Canduang kepada para relasi dan kawan-kawan Monisfar sendiri. Alhamdulillah rata-rata para Mustahiq menerima kisaran Rp. 300.000,- sampai Rp. 1.000.000,-. Mudah2an dengan saling berbagi dan peduli ini kaum dhuafa ataupun kaum keluarga tidak mampu termasuk keluarga anak yatim bisa juga menikmati hari raya Idul Fitri tahun ini.

Dua hari penuh berjalan mengitari para keluarga Dhu'afa di dua nagari dalam Kecamatan Canduang, Rabu dan Kamis, 10 dan 11 Agustus 2011 agak cukup melelahkan juga, sebab terkadang harus mengitari dengan bejalan kaki berkilo-kilo meter, namun walaupun demikian adap pula nikmat tersendirinya.

Perjalanan tahunan itu yang terus didampingi Camat Canduang Monisfar beserta Ketua TP. PKK Kecamatan Canduang Ny. Eny Monisfar , sekaligus ingin melihat kondisi masyarakatnya secara dekat. Berbagai makna dan arti sebuah hubungan kekerabatan dan persaudaraan serta mengetahui lebih jauh lagi tata kehidupan masyarakat kita sendiri, adalah falsafah yang tersembunyi dalam beberapa hari perjalanan secara marathon ini. banyak pengalaman dan pelajaran hidup yang dapat kita petik selama dalam menelusuri jejak kehidupan para keluarga kita yang masih belum mempunyai peluang dan kesempatan untuk berkemampuan lebih dalam kehidupan ekonomi keluarganya. Tangisan pilu dan tetesan air mata terkadang turut mewarnai perjalanan selama 2 hari ini.

Bagi para Mustahiq tergambar wajah-wajah keharuan, kepiluan, kesusahan hidup, dan kebahagiaan ketika kami datang mengunjungi mereka. Terimakasih kepada para wajib zakat yang sudah menyalurkan zakatnya di kecamatan Canduang, semoga dibalasan oleh Allah dengan pahala yang berlimpah dan rezki yang semakin banyak pada masa mendatang. Dan kepada para Mustahiq semoga Allah SWT menjadikan mereka semua menjadi Muzakkiy atau pembayar Zakat lagi pada tahun yang akan datang. Amin. CMC-006



Lihat galery Photo Facebook Kami disini
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
- Advertisment -
- Advertisment -