24 C
id

CANDUANG TELAH MEMILIKI KELOMPOK SIAGA BENCANA


Sabtu, 08 Desember 2010

Masyarakat Canduang mulai lega dengan telah terbentuknya Kelompok Siaga Bencana ( KSB ) di Jorong Lasi Mudo, Nagari Lasi Kecamatan Canduang, Agam.

Acara pengukuhan KSB yang ditandai dengan pemasangan tas Siaga Bencana oleh Koordinator LSM Jemari Sakota Sumatera Barat Syafrimet Aziz, dilaksanakan Kamis malam ( 6/1 ) di Balai Adat Nagari Lasi.

Pada acara pengukuhan itu juga, selain jajaran LSM Sakato Sumatera Barat juga turut di hadiri LSM Mercy Corp Sumatera Barat dan disaksikan oleh Camat Canduang Monisfar, Wali Nagari Lasi dan wali jorong Lasi Mudo.

Pada kesempatan itu Koordinator LSM Jemari Sakato Syafrimet Aziz memberikan apresiasi pada KSB Jorong Lasi Mudo yang sangat antusias menyambut program ini.

Ditambahkan Syafrimet, khusus di Sumatera Barat program pembentukan KSB ini hanya mampu baru kita laksanakan pada tahun 2011 ini pada 4 jorong di Kabupaten Agam dan 4 kelurahan di Kota Padang. “ Salah satu dari jorong yang empat tersebut adalah Jorong Lasi Mudo Nagari Lasi, setelah dilakukan survey dan pemilihan secara akurat dan akuntabel dengan melibatkan dari Universitas Andalas Padang dan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Agam,” ujarnya.

Program ini, menurut Syafrimet Aziz, akan berlangsung Selama beberapa tahun, dalam bentuk pelatihan penanggulangan bencana, pada masa  pra bencana, pasca bencana dan masa tahap pemulihan setelah bencana.

Sementara itu Camat Canduang Monisfar dalam sambutannya, menyampaikan  terima kasih dan mendukung sepenuhnya kegiatan yang di fasilitasi LSM Jemari Sakato Sumbar bersama dengan LSM Mercy Corp Sumbar itu

“Kita sangat berharap program ini akan mampu nantinya menghasilkan pemetaan daerah rawan bencana serta Sumber Daya Manusia yang paham dan penuh dengan ilmu tentang penanggulangan bencana, sebab Kecamatan Canduang tergolong daerah yang rentan dan rawan akan bencana,” ungkap Monisfar.

Hal yang sama juga disampaikan Koordinator KSB Jorong Lasi Mudo terpilih Edy Muhardi, program ini sangat vital bagi masyarakat Kecamatan Canduang, mengingat potensi bencana di Kecamatan Canduang sangat tinggi. “ Tentunya kita berharap, kegiatan pelatihan siaga bencana ini nantinya, juga diiringi dengan pemenuhan kebutuhan peralatan bencana, baik oleh pihak LSM Jemari Sakato dan Mercy Corp maupun oleh jajaran pemerintah daerah,” harap Edy yang lebih akrab dipanggil "Katik Sinso" itu. | CMC-011




====================
Mohon komentar dan masukan...............!!!
Share postingan ini di facebook dan twiter anda. Click logo
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

1 komentar

  1. Selamat atas terbentuknya Kelompok Siaga Bencana. Semoga dengan kehadiran KSB ini masyarakat di Lasi Mudo dan Canduang biasa lebih siaga dan siap dalam menghadapi dan mengelola bencana.
    Sedikit ralat, program ini untuk 1 tahun (bukan beberapa tahun, lho! ;-)

    Salam,
    Budi K.
    Program Manager
    MercyCorps West Sumatra

    BalasHapus
- Advertisment -
- Advertisment -