24 C
id

20



TENTANG KAMI

CANDUNG MEDIA CENTER

Alamat : Komplek Kantor Camat Canduang, Lasi
Tanggal Pembentukan : 30 November 2009
Jenis organisasi : Perkumpulan jurnalis
Jumlah anggota : 20 orang anggota.
Dasar organisasi : Konstitusi (Statuta) dan Prinsip-Prinsip Hak Asasi Manusia
Pedoman organisasi : Deklarasi Candung Media Center Tanggal 30 November 2009

VISI :
Terwujudnya Informasi yang cepat, akurat, berimbang melalui media komunikasi Online dalam Rangka Percepatan program pembangunan dan Pengentasan Kemiskinan

MISI
1. Memperluas informasi untuk kalangan internal, sehingga dapat disusun rencana kegiatan secara lebih matang dan komprehensif.
2. Memberikan informasi dan memperluas jaringan komunikasi untuk kalangan eksternal, sehingga bisa mengakses data maupun mengirim data ke Candung Media Center (CMC).
3. Menyediakan forum diskusi di dunia maya bagi berbagai kalangan untuk membicarakan banyak hal tentang Kecamatan Candung, seperti bagaimana program pengentasan kemiskinan dan menggerakkan ekonomi kerakyatan, sukses BMT, pendidikan, kesehatan serta konsultasi /diskusi tentang “Adaik Lamo Pusako Usang”
4. Menyediakan sebuah situs maya yang sarat informasi yaitu Candung Media Center yang memiliki perangkat operasional yang lengkap.
5. Mempermudah nagari yang ada di Kecamatan Candung untuk kepentingan pengumpulan data, entry, sharing dan up date data.

SEJARAH
Candung Media Center (CMC) awalnya adalah forum yang dibentuk untuk memfasilitasi dan mempertemukan ide-ide dan gagasan-gagasan user IT di Kecamatan Canduang untuk menyediakan layanan media online murah, mudah, tepat cepat dalam rangka mempercepat program pembangunan dan pengentasan kemiskinan.
Forum ini digagas oleh Monisfar, S.Sos (Camat Canduang), Drs. Armel, Fitra Yadi, Zulfa Hendi bersama sejumlah elemen pers lainnya yang memiliki perhatian terhadap perkembangan teknologi informasi yang dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat umum dalam rangka percepatan program pembangunan dan pengentasan kemiskinan.
Ide saat itu sederhana saja, CMC dijadikan sebagai tempat melakukan pertemuan, diskusi, dan berbagi informasi antara beberapa teman pers dan dunsanak-dunsanak yang berada di perantauan.

Sejak awal CMC sudah berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya percepatan program pembangunan dan pengentasan kemiskinan di Kecamatan Canduang hingga kini, CMC telah melaksanakan berbagai kegiatan antara lain pelatihan, workshop, diskusi interaktif, peningkatan skill jurnalistik, membangun interaksi, solidaritas, komunikasi dan rekonsiliasi antar jurnalis di Kecamatan Candung,

ORGANISASI
Berdasarkan komitmen bersama, saat itu juga menjadi satu organisasi yang mandiri dengan bentuk organisasi adalah perkumpulan Perkumpulan jurnalis Kantor organisasi CMC berkedudukan di Komplek Kantor Camat Canduang, Lasi
Kekuasaan tertinggi CMC berada di tangan musyawarah yang digelar setiap 2 tahun sekali. CMC dijalankan oleh pengurus harian dibantu Komite Pengarah yang diangkat dalam oleh musyawarah. Komite Pengarah diisi oleh para Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai dan Pemuda Kecamatan Canduang. Sementara dalam menjalankan kepengurusan organisasi, Koordinator dan Sekretaris CMC dibantu oleh enam ketua divisi beserta anggotanya.
Hasil Musyawarah ke-I CMC di Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Canduang yang diselenggarakan pada bulan juga mengangkat empat orang Koordinator CMC yang bertugas sebagai koordinator di tiga Nagari yakni di Nagari Canduang Koto Laweh, Nagari Lasi, Nagari Bukik Batabuah.

KEANGGOTAAN & KEPENGURUSAN
Keanggotaan CMC bersifat perorangan dan terbuka bagi setiap jurnalis dan pekerja profesi yang bekerja di wilayah Kecamatan Canduang. Saat ini, jumlah anggota CMC yang teregistrasi sebanyak 80 orang, berasal dari berbagai kalangan profesi .
Sebagai lembaga yang masih muda, CMC masih terus melakukan konsolidasi organisasi. Pada bulan 03 Januari 2010, telah diselenggarakan Musyawarah CMC I di Aula Kantor Camat Canduang.
Musyawarah CMC I menghasilkan kepengurusan yang akan menjalankan organisasi hingga dua tahun kedepan, CMC harus mengelola organisasinya sendiri dan berkewajiban mencari pendanaan sendiri demi kelangsungan hidup organisasinya.
Pengurus CMC periode 2010-2012 hasil Musyawarah di Aula Kantor Camat Canduang :
Komite Pengarah
Ketua : MONISFAR, S.Sos
Anggota : Dra. NELLY IZMI, M.Pd
: Drs. ARMEL
: DRS. SURYA WENDRI
Pengurus Harian :
Ketua : FITRA YADI
Sekretaris : AJMAL HADI
Divis-Divisi
Pendidikan dan Pelatihan : AKHYAR FUADI
Media Elektronik : ZULFA HENDI
Informasi & Dokumentasi : EDI SATRIA
Advokasi : ZULKIFLI, S.PdI
Kerjasama : SAFARI BUDIARKO
Staf Operasional : IKHSAN YOHANDA, ERVIN, IRSYAD
Staf Keuangan : SYAHRUL HADI KHAZ

KEUANGAN CMC

Kas CMC berasal dari Usaha yang sah seperti iklan, donasi dan lain-lain


Liat laporan rekapitulasi keuangan disini
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -