24 C
id

Wujudkan Sertifikasi Pembenihan, Kota Bukittinggi Menjadi Tempat Pelatihan Dokumentasi CPIB

Bukittinggi, TriArgaNews.Com - Dalam rangka meningkatkan produksi benih yang bermutu serta mempercepat sertifikasi unit perbenihan baik BBI maupun UPR yang ada di Kabupaten/Kota se- Provinsi Sumatera Barat. Kota Bukittinggi ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan Pelatihan Dokumentasi CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik) yang ditujukan bagi unit pembenihan yang memiliki Manager Pengendali Mutu (MPM) tetapi belum mengajukan sertifikasi. 


Dilaksanakan di UPTD Balai Benih Ikan Hias (BBIH) Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi, pada Kamis-Jumat (25-26 April 2024), dihadiri 26 orang peserta terdiri dari 18 orang MPM/BBI dan 7 orang perwakilan UPR yang berkomitmen menerapkan CPIB sehingga dapat disertifikasi pada akhir tahun 2024. 


UPTD BBIH dipilih sebagai lokasi pelaksanaan karena pada tahun 2023 BBIH telah bersertifikasi CPIB komoditas ikan Nila dengan nilai Excellent (sangat baik) dan mampu berbagi/sharing dengan unit pembenihan yang ada di Sumbar terkait strategi implementasi penerapan CPIB di UPTD BBIH Kota Bukittinggi, disamping ketersediaan fasilitas penginapan dan aula pertemuan yang memadai. 


Dalam pelatihan kali ini Kota Bukittinggi di wakili oleh Hendra Gunawan sebagai peserta Manager Pengendali Mutu (MPM) dari UPTD BBIH Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittingggi. 


Editor: Hernan Pratama

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -