24 C
id

Bukittinggi, TriArgaNews.Com - Saat ini energi terbaru dan terbarukan telah berkembang pesat di sektor ketenagaan listrik, khususnya tenaga surya dan tenaga angin. Sumber-sumber energi ini memberikan kontribusi yang signifikan akan pentingnya pembangkit listrik tenaga air. Meskipun adanya penambah pemasok listrik, listrik hanya menyumbang 1/5 dari konsumsi energi dunia, karena itu menemukan peran yang lebih besar bagi sumber energi terbaru dan terbarukan dalam hal transportasi dan hal yang lain ,sangatlah penting untuk memfasilitasi transisi energi tersebut, energi terbarukan, termasuk tenaga surya, angin, tenaga air, biofuel, merupakan inti dari transisi menuju sistem energi yang tidak terlalu intensif karbon dan lebih berkelanjutan. 


Kapasitas pembangkitan energi telah mengalami peningkatan pesat dalam beberapa waktu terakhir, terutama karena adanya insentif kebijakan dan pengurangan biaya yang signifikan untuk tenaga surya dan tenaga angin, serta sumber energi terbarukan lainnya. PBB menyatakan, percepatan peralihan menuju energi ramah lingkungan, baik saat ini maupun di masa depan. 


Energi Terbarukan yang sekitar 80 % populasi dunia bergantung pada bahan bakar fosil impor dari negara lain. Akibatnya, bahan bakar tidak terbarukan ini rentan terjadinya krisis. Sumber energi terbarukan saat ini, semua negara, dan potensinya belum dimanfaatkan sepenuhnya. 


Sehingga energi terbarukan juga dapat membantu negara-negara untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor. Ekonomi inklusif, lapangan kerja baru, dan pengentasan kemiskinan pun dapat terjadi dengan percepatan transisi ke energi terbarukan oleh sebab itu penting sumber energi terbaru dan terbarukam bisa selalu di kembangkan sesuai zaman. 


Muhammad Ridwan 


Kader HMI Sumatera Barat

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -