24 C
id

Kolaborasi RBAN, Forum Anak, Rumah BUMN dan Pertamina Adakan Layanan Trauma Healing


Bukittinggi, Triarga News.com - Bencana galodo yang menimpa Kabupaten Agam telah lewat dari 2 minggu. Meskipun kondisi sudah mulai berangsur pulih, namun para penyintas terutama anak-anak mengalami trauma dan ketakutan atas peristiwa yang terjadi. Oleh sebab itu Trauma Healing merupakan bagian dari layanan pemulihan trauma pasca bencana.

Hal ini yang menjadi perhatian Rumah Baca Anak Nagari (RBAN) yang menjadi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang juga menjadi Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) yang terakreditasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPA). Bersama Forum Anak Kabupaten Agam, Rumah BUMN Pekanbaru dan PT Pertamina Patra Drilling Contractor Riau (Pertamina PDC) mengadakan layanan psikososial dalam bentuk trauma healing pada Jum'at (24/05/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan di 2 tempat yaitu SDN 08 Kubang Duo Koto Panjang Nagari Bukik Batabuah dan SDN 05 Galuang Sungai Pua. 


Menurut Sry Eka Handayani, Founder RBAN mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara inisiasi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak (DP2KBPA) Kabupaten Agam melalui Forum Anak Daerah Kabupaten Agam. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pemulihan traumatik kepada para anak-anak dengan pendekatan yang membuat anak-anak menjadi ceria.

"Anak-anak kita suguhi dengan berbagai permainan yang mengasyikkan, supaya anak-anak dapat melupakan sejenak peristiwa yang terjadi sehingga secara berangsur-angsur anak-anak kita akan dapat pulih secara mental," tegas Mahasiswi S3 Pendidikan Dasar UNP itu.

Sementara itu penuturan dari Muhammad Daffa, salah seorang pengurus Forum Anak Kabupaten Agam mengatakan alasan dipilihnya dua tempat itu dikarenakan wilayah Bukik Batabuah dan Galuang menjadi daerah yang terdampak parah bencana galodo di Kabupaten Agam, sehingga para penyintas perlu memerlukan terapi pemulihan dari trauma bencana terutama anak-anak.

Terpisah Ketua PMI Sumatera Barat, Aristo Munandar menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas usaha dan kolaborasi yang telah dilaksanakan oleh RBAN, Forum Anak, Rumah BUMN dan Pertamina.

"Saya dengan ini mengucapkan terima kasih dan penuh kebanggaan atas kegiatan (trauma healing) ini. Saya berharap dan berdo'a agar bencana ini tidak terulang kembali dan para korban dapat kembali beraktivitas seperti semula," jelas Mantan Bupati Agam 2 periode itu.

Dilain pihak menurut Gema, mewakili Rumah BUMN Pekanbaru dan PT Pertamina PDC Riau mengucapkan terima kasih atas kolaborasinya dengan RBAN dan Forum Anak Kabupaten Agam atas usahanya yang giat dalam melaksanakan trauma healing ini.

"Saya atas nama Rumah BUMN Pekanbaru juga mewakili teman-teman PT Pertamina PDC Riau mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kolaborasi yang telah dibangun dari kami Rumah BUMN dan Pertamina. Semoga kolaborasi kita menjadi silaturahmi sekaligus menjadi ladang pahala dalam membantu pemulihan psikologi anak-anak di Kabupaten Agam," tutupnya.  (**)

Jurnalis dan Editor: Hernan Pratama






 

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -