24 C
id

IPI Peduli Bencana Galodo Bukik Batabuah, Ketua TP PKK Agam Berikan Apresiasi


Agam, Triarganews.com - Bencana Galodo telah lewat dari 2 Minggu. Namun bantuan perlu dibutuhkan agar para korban dapat bertahan serta terapi agar trauma mereka dapat dipulihkan.

Atas hal tersebut, Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Bukittinggi bekerjasama dengan 4 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kota yaitu Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar serta dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat mengadakan kegiatan Trauma Healing kepada anak-anak penyintas bencana Galodo di Kabupaten Agam.

Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (25/05/2024) di SDN 08 Kubang Duo Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Canduang.

Menurut ketua IPI Bukittinggi, Syah Rahmat, S.Sos menyampaikan kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dengan 4 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kota serta dari berbagai organisasi literasi lainnya seperti Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM Sumbar), Forum Pustakawan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Sumbar, dan diikuti oleh para pustakawan sekolah/madrasah se Kota Bukittinggi.

"Kami mengadakan ini sebagai bentuk kepedulian dan dukungan psikologis kepada anak-anak penyintas bencana Galodo agar bisa segera pulih dari Trauma sehingga anak-anak bisa kembali lagi melakukan aktivitas seperti biasanya," tegas Pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi itu.



Rahmat juga menyampaikan bahwa bentuk kegiatan trauma healing ini berupa permainan, cerita, serta anak-anak diajak untuk membaca berbagai macam buku yang disediakan lewat mobil keliling.

"Anak-anak setelah diajak untuk bermain, kita juga mengajak anak-anak untuk membaca buku di tempat yang kami sediakan. Kami telah menyediakan 4 Mobil Pustaka Keliling dari 4 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, yaitu dari Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kota Padangpanjang dan dari Provinsi Sumbar," tutur Rahmat.

Agenda ini mendapatkan sorotan dan apresiasi terutama dari Ketua TP PKK Kabupaten Agam yang kebetulan hadir pada kegiatan trauma healing ini. 

Menurut Ny. Yenni Andriwarman selaku Ketua TP PKK Kabupaten Agam menyampaikan agenda ini sangat membantu dalam pemulihan Trauma anak-anak korban bencana Galodo di Kabupaten Agam khususnya Kecamatan Canduang.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, tadi pun juga saya bertanya kepada anak-anak tentang siapa rumah nya yang hanyut atau hilang dalam musibah galodo 2 Minggu yang lalu. Kami juga sudah meminta kepada BAZNAS Agam dan BPBD Kabupaten Agam untuk mendata anak-anak yang rumah nya hancur dan rusak berat dan Insyaallah segera akan kita bantu untuk perbaikan rumah yang sudah hancur dan rusak berat," tutup Istri Bupati Agam tersebut.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -