24 C
id

Dalam Rangka HUT FPII ke- 7, SMP N 1 Baso Raih Penghargaan sebagai Sahabat Pers dan Sekolah Sadar Hukum

Dalam Rangka HUT FPII ke- 7, SMP N 1 Baso Raih Penghargaan sebagai Sahabat Pers dan Sekolah Sadar Hukum 

Agam - Pada Jumat, (24/02/2023), dalam rangka memperingati hari ulang tahun Forum Pers Independent Indonesia (FPII) yang ke 7. Koordinator Wilayah (Korwil) FPII Bukittinggi - Agam selenggarakan pencerahan hukum dan edukasi tentang pers terhadap siswa-siswa di SMP Negeri 1 Baso, Kabupaten Agam.


Acara yang digelar di Masjid SMP Negeri 1 tersebut mendapat tanggapan yang positif dari Kepala SMP Negeri 1 Baso Alfian, Spd beserta staf pengajar dan Jona St Kayo, Komite di sekolah tersebut.

Pada kesempatan ini, Alfian mengapresiasi kegiatan FPII Korwil Bukittinggi - Agam yang telah peduli mendukung edukasi pers dan hukum kepada masyarakat sejak dini (SMP N 1 Baso). 

"Diharapkan dengan edukasi hukum dan pers sejak dini masyarakat mengerti makna pentingnya bersikap transparan, informatif dan mendukung keterbukaan informasi publik," harapnya.

Jona St Kayo saat dimintai tanggapannya oleh SumbarEkspres.com menyatakan, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena para pelajar di SMP N 1 Baso ini, mereka masih dalam tahap proses mencari jati diri mereka ujarnya.

Jadi dengan adanya acara ini, bisa menambah wawasan mereka dari sisi hukum maupun jurnalistik. Sebab dengan kelabilan mereka, apabila tidak digembleng dengan pencerahan hukum dari kini. Berbagai kemungkinan bisa terjadi terhadap mereka kedepannya, tergantung lingkungan tempat mereka berada imbuhnya.

"Faktor tersebutlah yang membuat saya sebagai komite di sekolah ini, mengapresiasi kegiatan korwil FPII Bukittinggi - Agam ini," paparnya.

Sementara itu Ketua Korwil FPII Bukittinggi Agam, Dr (cand). Riyan Permana Putra, S.H., M.H., dengan didampingi Bendahara FPII Korwil Bukittinggi - Agam Jhonny Prasetya Siddik selaku pemateri mengangkat tema "Memahami Sepak Terjang Jurnalis di Era Kemerdekaan dan Pasca Kemerdekaan". Selain itu juga dibahas terkait undang-undang narkotika mengingat pengaruh narkoba terhadap remaja patut dicegah sejak dini.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Ulang Tahun FPII yang ke - 7 sebagai wujud pengabdian masyarakat FPII Korwil Bukittinggi Agam kepada masyarakat. Kami FPII mengapresiasi dengan penghargaan sebagai sahabat pers kepada SMP Negeri 1 Baso karna informatif, transpran, dan mengedepankan keterbukaan informasi publik. 

Lalu Riyan yang merupakan Ketua Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI) Bukittinggi ini juga memberikan anugrah Sekolah Sadar Hukum kepada SMP N 1 Baso. 

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat memberi pemahaman peran pers kepada masyarakat sejak dini," tegas kandidat doktor UIN Imam Bonjol Padang dan ketua bidang hukum dibeberapa organisasi di Sumatera Barat ini.

Sebelumnya dalam rangkaian tema Harlah Ke-7 FPII yang bertema Mari Bersama Bangkitkan Jiwa Insan Pers, Wujudkan Cita Cita Bangsa Menuju Indonesia Maju, Dan Tangguh. 

Yang digelar jajaran Setwil FPII Jawa Barat dan Korwil FPII Sukabumi Raya di wilayah Kecamatan Baros, Sukabumi, pada Senin lalu, (20/2/2023).

Ketua Presidium FPII, Kasihhati dalam peringatan ulang tahun ke-7 FPII Korwil Bukittinggi - Agam mengatakan, FPII boleh bersinergi dengan instansi apapun dan bermitra tapi tidak untuk dijadikan kacung Pemerintah Kasihhati menegaskan pula, FPII adalah organisasi profesi kewartawanan yang independen dan bernaung dibawah Dewan Pers Independen.(FPII Bukittinggi - Agam)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -