24 C
id

KEPEDULIAN MASYARAKAT BUKIK BATABUAH UNTUK KEMAJUAN PENDIDIKAN


Senin, 03 Januari 2011

Ratusan masyarakat Bukik Batabuah, bergotongroyong bahu-membahu mencor halaman SDN 11 Batabuah Koto Baru nagari Bukik Batabuah pada Minggu (02/01). Gotongroyong yang murni swadaya masyarakat itu adalah tahap ke-2 menyambung bengkalai pada Minggu 26 Desember 2010 lalu.

Peserta gotongroyong adalah orang tua murid bersama komite sekolah, guru-guru dan masyarakat sekitarnya. Hadir juga Kepala UPT Pendidikan kecamatan Canduang Drs. Aryetmen, kepala sekolah Zulhardi, S.Pd dan unsur-unsur perangkat nagari.

Ide pencoran halaman SD ini adalah inisiatif masyarakat yang disampaikan kepada komite sekolah. Kemudian masyarakat pula yang mengumpulkan dana dan menentukan teknis gotong-royong. Konsumsi dan akomodasi gotongroyong juga disediakan oleh masyarakat. kepala sekolah tinggal menfasilitasi saja bersama komite sekolah.

Awalnya karena keprihatinan masyarakat terhadap kondisi halaman sekolah yang becek. Bila hujan, semua warga sekolah berjalan dipinggir-pinggir lapangan menghindari lumpur. Sering murid-murid terpuruk dan terbenam sepatunya hingga tumit. Sepeda motorpun terpaksa diparkir diluar pekarangan menghidari terperosok dan terpleset. Ini juga didasari atas kecewaan masyarakat kepada pemerintah yang tidak juga merespon permohonan untuk segera membenahi sarana belajar yang terletak di pusat pemerintahan nagari itu. Selain sebagai tempat PBM, sejak dulu gedung SD itu juga digunakan oleh masyarakat sebagai gedung pertemuan utama menggelar acara-acara musyawarah dan pertemuan-pertemuan lainnya. Sering kali musyawarah-musyawarah tingkat nagari di gelar disini karena gedung itu terletak di samping kantor wali nagari Bukik Batabuah sehingga masyarakat merasa berkewajiban pula untuk menjaganya.

Sampai saat ini lebih dari 15 juta rupiah telah dikucurkan masyarakat untuk penyelesaian pengerasan halaman SD itu. Namun demikian, akan berlanjut juga pengecoran sampai tahap ke-3. Salah seorang anggota DPRD kabupaten Agam dari wilayah pemilihan itu telah menjanjikan dana aspirasi untuk pencukupi kekurangan yang ada dan akan segera ditindaklanjuti dengan proposal oleh Komite Sekolah. Demikian diterangkan oleh salah seorang tokoh masyarakat Burmal Feri Albert. | CMC-003 Fitrayadi


Berita terkait




====================
Mohon komentar dan masukan...............!!!
Share postingan ini di facebook dan twiter anda. Click logo
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

1 komentar

  1. Mari kita kawal janji yang diberikan anggota Dewan untuk menyelesaikan pekerjaan yg masih terbengkalai tsb. Diyakini untuk selesai sampai tuntas pekarangan sekolah tersebut masih mebutuhkan lebih kurang 10 juta rupiah lagi. bagi yg pembaca yg ingin ikut membesarkan SD 011 Kubu Apa disilakan memberikan bantuan secara langsung ke sekolah atau ke komite sekolah. Trims atas beritanya

    BalasHapus
- Advertisment -
- Advertisment -