24 C
id

Organisasi Jurnalistik Santri Ponpes MTI Canduang Studi Lapangan Ke Markas Wartawan, Radio dan Perguruan Tinggi di Payakumbuh

Anggota Justic MTI Canduang diterima di Balai Wartawan Luak Limo Puluah pada Kamis (9/5/2024)

Payakumbuh, TriArgaNews.Com - Mengikuti program pengembangan diri di bidang Jurnalistik, santri-santri Pondok Pesantren MTI (Madrasah Tarbiyah Islamiyah) Canduang, kabupaten Agam yang tergabung kedalam organisasi ekstrakurikuler Justic (Jurnalis Santri Tarbiyah Islamiyah Canduang) melakukan studi lapangan melihat langsung kerja wartawan, perusahaan pers dan kegiatan jurnalistik mahasiswa perguruan tinggi di kota Galamai Payakumbuh pada Kamis (9/5/2024).

Ketika itu 31 orang santri berseragam Justic warna hitam didampingi 3 orang guru hadir pada kegiatan itu mengendarai satu unit bus pondok dan beberapa kendaraan roda dua.

Diantara tempat yang dikunjungi adalah 1). Markas Balai Wartawan Luak Limopuluah di komplek Kantor Bupati Lama Limapuluh Kota, kawasan pusat Kota Payakumbuh, 2). PT. Radio Suara Safasindo Utama di jl. Prof. Dr. Hamka No.14, Kaning Bukik, Kec. Payakumbuh Utara, 3). Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komunikasi dan Informasi (K-Info) Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Jl. Raya Negara KM.7 Tanjung Pati Kec.Harau Lima Puluh Kota.

Selama 2.5 jam di Markas Balai Wartawan, para pelajar santri MTI Canduang disuguhkan materi-materi dasar kejurnalistikan yang berlimpah oleh wartawan-wartawan senior Luak Limopuluah ditambah dengan cerita mengenai pengalaman pribadi masing-masingnya selama menjalani profesi sebagai wartawan, baik pengalaman buruk maupun yang enaknya.

Hadir ketika itu Fitra Yadi Malin Parmato pembina program Justic MTI Canduang, Dra. Zuryati Ilyas wakil kepala MTI Canduang bidang kesiswaan dan Syahrial driver bus MTI Canduang. Rombongan disambut oleh sekretaris demisioner Balai Wartawan Luak Limopuluah, Aking Romi Yunanda. Tidak ketinggalan hadir sederet wartawan anggota Balai Wartawan antara lain, Arief Wisa, Ben Pitopang, Arya Gusman, Edwardi, Robby Engles Yunesco, Debby Linmarta, Syafri Ario, Bambang Zulwadi, Yudi Yusra, Saiful Hadi (Datuak), Doddi Sastra, Nasrul Kenong dan Syamsir Wandi.

Dari Balai Wartawan, selepas makan dan shalat zuhur para peserta program ekstrakurikuler Justic MTI Canduang berkunjung ke lagi menimba ilmu penyiaran di PT. Radio Suara Safasindo Utama di jl. Prof. Dr. Hamka No.14, Kaning Bukik, Kec. Payakumbuh Utara. Kedatangan rombongan disambut oleh Hj. Harni Famil selaku Direktur Radio Safasindo FM dan Andi Masuda manager Radio beserta crew dan penyiar lainnya.

Para santri nampak senang diajak berkunjung ke ruangan siar, ruangan produksi, dan pemancar radio. Pada kesempatan itu manager Radio Safasindo Andi Masuda nampak berhasil menumbuhkan minat peserta studi lapangan sehingga mereka antusias dengan lembaga penyiaran radio.

Selepas itu, para peserta studi lapangan menyambangi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komunikasi dan Informasi (K-Info) Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Jl. Raya Negara KM.7 Tanjung Pati Kec.Harau Lima Puluh Kota yang disambut oleh sekretaris UKM K-Info Sabrina beserta rekan-rekan. Ketua UKM K-Info Politani saat dihubungi awak media menyatakan tidak sempat hadir pada acara itu karena ada urusan di kampung halaman.

Setelah shalat ashar di masjid Nurul Fallah di komplek kampus Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh para peserta studi lapangan Justic diterima dibawah salah satu pendopo oleh UKM K-Info Politani beserta dosen pembimbing Widya Febrina, M. TESOL. Para peserta diperkenalkan dengan kegiatan UKM tersebut dan diajak berkeliling kampus.

Ustadzah Dra. Zuryati Ilyas wakil kepala MTI Canduang bidang kesiswaan dan Syahrial sangat mengapresiasi sekali kegiatan santri Justic MTI Canduang ini, dan mengucapkan terimakasih banyak atas penyambutan dan layanan dari Balai Wartawan, Radio Safasindo serta UKM K-Info Politani Payakumbuh.

Santri-santri mengaku senang dengan program studi lapangan ini, menambah pengalaman baru dan dapat melihat langsung aktifitas jurnalis di lapangan dan perusahaan pers. | F. Malin Parmato


Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -