24 C
id

PENCAK SILAT KINANTAN PUKAU PESERTA HALAL BI HALAL

Balai Sati - 04/09/2011 |

Berbagai atraksi jurus beladiri yang ditampilkan oleh Perguruan Pencak Silat Kinantan pada pembukaan acara halal bi halal masyarakat Canduang pada Sore Rabu (31/08) lalu memukau penonton. Berbagai jurus ditampilkan mulai dari fisik, sampai bathin (tenaga dalam). Dari tangan kosong, tongkat, pisau sampai kepada golok. Pertunjukan Silat Kinantan ini membuat meriah acara yang sedianya dalam keadaan lengang karena undangan tidak banyak hadir disebabkan masih bersilaturrahmi dengan sanak-saudara di hari pertama Idul Fitri.

Perguruan Pencak Silat Kinantan yang dipimpinan Ustazd Erdisman ini berdiri pada tanggal 16 Februari 1991 yang diresmikian oleh Muspika kecamatan IV Angkek Canduang. Namun secara pribadi Erdisman telah mengajar Silat juga di kampungnya Koto Rantang, kenangarian Tanjuang Alam, Kec. Tanjuang Baru, Kab. Tanah Datar sejak tahun 1988. Dari pengalaman belajarnya dari berbagai guru Silat di Minangkabau, maka alumni MTI Canduang ini menggabung dan meramu 9 aliran yang ia pelajari itu menjadi satu yang ia beri nama dengan "KINANTAN".

Ustazd Erdisman lah Pendiri tunggal Perguruan Pencak Silat Kinantan ini dan sekaligus menjadi guru besarnya. Perguruan ini bukanlah pengembangan dari perguruan lain atau cabang dari perguruan Pencak Silat Lain. Kinantan berdiri sendiri dan sedang menggeliat mgembangkan diri. Sekarang PPS (Perguruan Pencak Silat) Kinantan telah memiliki 7 Cabang yang tersebar di Sumatera Barat, Riau dan Jambi. Dengan jumlah nggota (murid) sebanyak 2 ribuan orang dari tingkatan umur yang berbeda-beda, dari berbagai macam profesi dan aktifitas, seperti pelajar setingkat SD, SLTP, SLTA, Perguan Tinggi dan umum. Ada yang berprofesi sebagai Guru, Polisi, ABRI, pegawai pemerintahan bahkan Mentri ungkap Erdisman.

Dr. H. Gamawan Fauzi, SH. MM mantan gubernur Sumbar yang sekarang menjabat sebagai Mentri Dalam Negeri adalah anggota kehormatan yang bergabung pada tahun 1994 ketika masih menjabat sebagai Bupati Solok. Gamawan Fauzi juga termasuk sebagai salah seorang Dewan Pembina Perguruan Pencak Silat Kinantan. | CMC-003




Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
- Advertisment -
- Advertisment -