24 C
id

Agam Siapkan Pengungsian


Menyikapi aktivitas gunung merapi, Pemerintah Kabupaten Agam melalui Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah siapkan beberapa tempat untuk pengungsi berhubung meningkatnya aktivitas gunung Merapi yang berlokasi di kawasan Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam Isfaimal pada CMC Rabu (3/8) "Kita sudah siapkan tiga tempat untuk menampung pengungsi kalau terjadi hal yang tidak diingini berhubung meningkatnya aktivitas gunung Merapi,"
Isfaimal yang menyampaikan pesan Bupati Indra Catri menambahkan, masyarakat yang tinggal dilereng gunung Merapi agar waspada terhadap aktivitas gunung, sedangkan masyarakat yang beraktifitas sejak pagi masih diharap tidak ada yang mencapai radius 3 km.
Selanjutnya dikatakan Isfaimal, pihaknya sudah menyiapkan tempat evakuasi di tiga tempat yaitunya untuk Kecamatan sungai Puar di pasar Amor dan lapangan Padang Laweh, sedangkan untuk daerah Candung disiapkan di Pasar Agro Kecamatan Ampek Angkek. Tempat pengungsi ini disiapkan untuk para pengungsi kalau aktivitas Gunung Merapi terus meningkat dan tidak bisa ditoleri lagi.
Sedangkan untuk keamanan pernapasan, pihaknya juga sudah berkoordinsai dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Agam untuk menyiapkan masker di setiap Puskesmas yang ada disekeliling daerah rawan, kalau nanti terjadi peningkatan semburan abu vulkanik, maka masker akan langsung dibagikan.
BPBD Agam juga sudah berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Belakang Balok kota Bukittinggi didapat data terakhir aktivitas gunung sudah jauh menurun, tapi tetap diingatkan kepada masyarakat supaya waspada terus. (CMC-003)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
- Advertisment -
- Advertisment -