24 C
id

RIBUAN ANJING DARI DAERAH SEKITAR MENYERBU HUTAN CANDUANG

Salak anjing dari Agam, 50 Kota dan Tandah Datar terdengar di jalan Simpang Canduang menuju rimba Bukik Bulek, rimba Talabu Tonggong, Rimba Kandang Jabua, rimba Banto di jorong Seratus Janjang dan jorong Puti Ramus nagari Canduang Koto Laweh pada Kamis (21/17).


PLH Camat Canduang Drs. Surya Wendri dan Wali nagari Canduang Koto Laweh Thamrin HH. Dt Pangeran membuka Baburu Alek membasmi Hama Babi ini di Simpang Batu Tagak depan MMUS Canduang bersama Polsek dan Koramil IV Angkek Canduang. Berburu ini diadakan karena babi sering mengganggu lahan pertanian masyarakat.

Kapten Infantri Sapardi Koramil IV Angek Canduang mengatakan bahwa Kegiatan berburu Babi seperti ini memiliki manfaat yang banyak bagi masyarakat diantaranya adalah sebagai media silaturrahmi dan pengenalan daerah kepada orang-orang yang berdatangan dari berbagai daerah. Walaupun demikian ada juga negatifnya, yaitu tanaman-tanaman masyarakat bisa rusak. Tapi dibanding rusak oleh Babi terlalu kecil rasanya kerusakan yang ditimbulkan oleh pemburu.

Wali Nagari Canduang Koto Laweh Thamrin HK. Dt. Pangeran S.Sos mengatakan bahwa selain untuk memberantas hama Babi manfaatnya juga untuk kesehatan sebagai olahraga dan untuk menfasilitasi candu berburu masyarakat kita. Ekonomi masyarakat juga bisa meningkat terbukti dengan berbelanjanya para pemburu di kedai-kedai sepanjang jalan dari Batu Tagak Sampai ke Lokasi berburu. Sedangkan PLH Camat Canduang Drs. Surya Wendri mengatakan bahwa berburu ini sangat bermanfaat juga untuk wisata Alam.

Paunan (Kedai Nasi) di sediakan oleh panitia di berbagai lokasi. Paunan pagi terletak di Labuang dan Puti Ramus yang terletak di Parak Kacang Goreng. Sedangkan Paunan Siang di Bulak-an Gadang dan Rawang. Setelah Shalat Zuhur berburu dilanjutkan lagi di rimba Kuok, rimba Lurah Talasi, Rawang, Lurah Ampuah, Gobah dan Lurah Sabancah demikian disampaikan oleh waki jorong Labuang Tasmandianto. |CMC-003






Paunan di jorong Puti Ramus

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
- Advertisment -
- Advertisment -