24 C
id

Si Jago Merah Lalap kilangan Tebu

Amukan sijago merah kembali menimpa warga Kecamatan Canduang, kali ini kobaran api melalap pondok kilangan saka milik Wirman St Kayo(53 th), warga laso dusun bukik Gurun Jorong Gobah Nagari Bukik Batabuah pada hari Kamis 30 Junin 2011 pukul 18.30 WIB.
Kobaran api berasal dari tungku pem
buat tangguli yang menurut wirman hanya ditinggalkan sebentar karna wirman pergi memberi makan kerbau miliknya, namun saat kembali ke pondok ternyata pondok kilangan miliknya sudah habis terbakar dan lelaki separuh baya ini mengaku tidak dapat berbuat apa-apa lagi karena dalam waktu yang sangat pendek hanya dalam rentangan 3 menit pondok itu sudah habis dimakan api.
Istri korban sangat sedih karena sebelum terjadi kebakaran ini, mereka baru saja akan menyelesaikan pengilangan yang tebu-tebunya dikumpulkan dengan susah payah dari berbagai kebun tebu yang terpencar-pencar jauh dari lokasi pondok tersebut, sehingga untuk sampai dilokasi pondok pengilangan mereka harus menyewa mobil untuk membawa tebu-tebu tersebut dan masih terasa sakit-sakit di tubuh mereka karena harus memikul tebu yang begitu banyak agar bisa sampai di pondok yang berada jauh dari jalan besar.
Menurut wirman, diperkirakan kerugian mencapai sekitar Rp. 20.000.000,- yang meliputi kerugian bangunan, dua buah tungku dan kancah serta bahan dasar pembuat saka(gula tebu). hal ini dibenarkan oleh pihak pemerintah kecamatan canduang yang diwakili oleh Zendiarman, S.Sos (Kasi Trantib) yang pagi setelah kejadian langsung meninjau lokasi kebakaran tersebut.
Menurut Safaruddin St. Batuah, kepala jorong gobah mengatakan bahwa direncanakan warga akan melaksanakan goro bersama pada hari senin 4 juli 2011 untuk membantu korban tersebut. (CMC-006)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
- Advertisment -
- Advertisment -