24 C
id

KANTOR WALI NAGARI DI CANDUANG TERAPKAN PELAYANAN "SMS"

Lasi, 3 Maret 2011
Seluruh kantor wali nagari di Kecamatan Canduang sepakat menerapkan system Layanan Kontak Masyarakat ( LKM ) melalui metode Short Message Service ( SMS ).

Kesepakatan itu terlahir dalam rapat lengkap jajaran pemerintah nagari dengan pihak pemerintah Kecamatan Canduang, Kamis ( 3/3) di kantor Camat Canduang.


Turut hadir npada kesempatan Camat Canduang Monisfar, Sekcam Drs. Surya Wendri, Kasi Pemerintahan Herman, Kasi Pelayanan dan Pendapatan, M. Lizar, S.Sos, Wali Nagari Lasi Masril Khatib Bandaro, Wali Nagari Bukik Batabuah M. Nasir Khatib Bagindo, Wali Nagari Canduang Koto Laweh Thamrin, Dt. Pangeran, S.Sos serta dengan mengikutsertakan para sekretaris nagari beserta dengan Kaur Pemerintahannya.

Menurut Camat Canduang, pemberlakukan metode itu dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat. "Coba kita bayangkan, kalau ada seorang masyarakat dari Dusun Cumantiang ingin menanyakan sesuatu persyarakat pengurusan KK atau Akte Kelahiran misalnya, tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke kantor wali nagari yang menghabiskan biaya ojek sekitar Rp.40 ribu pulang dan pergi, tapi cukup dengan mengirim pesan singkat ke nomor layanan yang ada di kantor wali," ujar camat.

Begitu juga, lanjut Monisfar, bagi masyarakat yang mengurus suatu keperluan ke kantor wali nagari, yang kebetulan urusannya itu harus ditindak lanjuti sampai ke kecamatan dan bahkan ke kabupaten, agar perangkat nagari meminta nomor handphone yang bisa dihubungi oleh perangkat nagari, agar ketika surat-surat yang diurus tersebut sudah selesai, dapat dihubungi masyarakat tersebut via SMS ataupun terdapat nantinya kekurangan persyaratan, diharapkan aparat nagari tanpa kesulitan dapat menghubungi masyarakat yang bersangkutan.

Sementara itu, para wali nagari sangat sepakat metode ini diterapkan di Kecamatan Canduang, mengingat wilayah teritorial Canduang sangat luas dan membutuhkan beban biaya yang tinggi bagi masyarakat untuk mengurus sebuah keperluan surat-surat. " Kami sangat mendukung program ini, dan malahan akan nkami jabarkan lagi ditingkat nagari dengan membuat buku register pelayanan yang dilengkapi dengan nomor HP yang bisa dihubungi bagi setiap masyarakat yang berurusan ke kantor wali nagari," ujar Wali Nagari Bukik Batabuah M. Nasir Khatib Bagindo yang didampingi Wali Nagari Lasi Masril Khatib Bandaro.
Lain lagi di Nagari Canduang Koto Laweh Thamrin Dt. pangeran, S.Sos, juga akan ditindak lanjuti dengan menafaatkan setiap perangkat nagari termasuk para wali jorong untuk mengantarkan langsung persuratan yang membutuhkan waktu untuk openyelesaian persuratan tersebut, seperti KK, surat pindah antar kabupaten atau akte kelahiran salah satu contohnya. CMC 006
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

1 komentar

- Advertisment -
- Advertisment -