24 C
id

AWAL TAHUN KECAMATAN CANDUANG KEMBALI MENUAI PRESTASI

Selasa, 04 Januari 2011

Pada awal Tahun 2011, Kecamatan Canduang kembali menuai prestasi. Bertepatan dengan Hari Amal Bakti ( HAB ) Kementerian Agama tingkat Kabupaten Agam yang ditandai dengan upacara di halaman kantor bupati Agam, Lubuk Basung telah diumumkan, untuk predikat Kepala Kantor Urusan Agama ( KUA ) Percontohan tingkat Kabupaten Agam  berhasil diraih Kepala KUA Kecamatan Canduang Zulkarnain Batubara, S.Sg dan  berhak mewakili Kabupaten Agam pada lomba kepala  KUA Percontohan tingkat Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2011 ini.

Kesuksesan Kepala KUA Kecamatan Canduang ini juga diiringi dengan keberhasilan Masjid Nurul Iman Jorong Pasanehan, Nagari Lasi Kecamatan Canduang keluar sebagai juara I lomba Masjid Percontohan tingkat Kabupaten yang telah dilakukan penilaian pada tanggal 22 Desember 2010 yang lalu, dan juga berhak untuk mewakili Kabupaten Agam untuk penilaian tingkat Provinsi Sumatera Barat yang Insya Allah jadwal penilaiannya akan dilakukan sekitar bulan Mei 2011 mendatang.

Menurut Camat Canduang Monisfar, keberhasil Kepala KUA Kecamatan Canduang ini, dilandasi dengan berbagai prestasi dan program yang tengah digulirkannya di Kecamatan Canduang beberapa tahun belakangan ini, termasuk keberhasilan Kecamatan Canduang meraih predikat Juara Umum pada Musabaqah Tilawatil Qur'an ( MTQ ke 34 tingkat Kabupaten Agam di Kecamatan Sei Puar dua bulan yang lalu.

Selain itu, program unggulan bidang keagamaan yang tak kalau pentingnya adalah melalui Gerakan Amar Ma'ruf ( GEMAR ) Zakat, gerakan Bersama Syariah ( GEBYAR ) BMT, Himbauan Jum'at Sehat ( HJS ), tumbuh berkembangnya organisasi keagamaan seperti Badan Kontak Majelis Taklim ( BKMT ), kelompok Yasinnan diberbagai jorong.

Malahan, menurut camat Monisfar, program kegiatan yang akan segera kita luncurkan adalah berupa program pengurusan surat nikah secara online termasuk pembayaran biaya nikah via online dari kantor wali nagari ke kantor KUA. " Sekarang kita tengah memformat, bagaimana pengurusan surat-surat nikah itu cukup sampai kantor wali nagari saja lagi, tanpa susah-susah masyarakat kita mengurusnya sampai ke Kecamatan Canduang, mengingat teritorial wilayah kecamatan  kita yang terbilang luas," ujar Monisfar.

Begitu juga dalam waktu dekat ini kita akan bentuk Badan Koordinasi Pondok Pesantren se-kecamatan Canduang, sebab bagi kita di Kecamatan Canduang terdapat lima pondok pesantren dengan dua sekolah MTSN. " Ini merupakn energi dan power yang luar biasa untuk menopang berbagai kegiatan keagamaan di Kecamatan Canduang.

Sementara itu, untuk Masjid Nurul Iman Pasanehan, Nagari Lasi juga diunggulan dari tatacara pengelolaan masjd, baik tentang unggulan managemen masjid, administrasi masjid, bidang unit usaha masjid serta kegiatan keagamaan yang selalu padat, baik untuk tingkat pengajian agama, wirid yasinan, maupun kegiatan wirid remaja dan didikan subuh.

Selain itu Masjid Nurul Iman juga memiliki sertifikat tanah waqaf masjid termasuk aset dari masjid ini berupa enam petak sawah dan satu kolam serta gedung sekretariat masjid yang cukup representatif. " Dan yang uniknya, lingkungan sekitar masjid termasuk kawasan bebas asap rokok, demi untuk menjaga dari unsur kesehatan,"ungkap Camat. | CMC-011






====================
Mohon komentar dan masukan...............!!!
Share postingan ini di facebook dan twiter anda. Click logo
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -