24 C
id

GROUP RABANO PUSAKO MINANG


Jum'at, 17 Desember 2010

Untuk memeriahkan acara SYUKURAN DAN PEMBERIAN BONUS KEPADA KAFILAH MTQ KECAMATAN CANDUANG PADA MTQ NASIONAL KE-34 TINGKAT KABUPATEN AGAM SEKALIGUS LAUNCHING BUKU SAPTA KARYA KECAMATAN CANDUANG DALAM SATU TAHUN CANDUANG MEDIA CENTER di SKB Lasi Kamis (16/12) lalu Group Rabano Pusako Minang dari Gantiang kenagarian Canduang Koto Laweh tampil memukau dengan seragam kebanggannya.

Group dengan 10 orang personil ini telah melanglang buana tampil mengisi acara diberbagai events dan sejumlah daerah, terlebih-lebih di acara alek nikah, alek khatam quran, baik di Canduang sendiri maupun luar Canduang. Baru-baru ini pada Jum'at (10/12) Group Rabano Pusako Minang diundang mengisi acara baralek nikah warga Canduang di Pakanbaru. Masyarakat Melayu antusias menonton dan asyik menikmati setiap guguah dan ragamnya. Demikian juga dengan masyarakat Minang terkhusus warga Canduang yang larut dalam setiap dentumannya untuk paubek taragak jo kampuang halaman. Lantunan Dendang Dikia menyeruak masuk menentramkan jiwa setiap pendengar mengingatkan diri pada Sang Pencipta.

Idealnya personil Group Rabano Pusako Minang adalah 12 orang, tetapi karena kurangnya minat pemuda-pemuda untuk mempelajari dan melestarikan kesenian bercorak religius ini, sejak berdirinya tahun tahun 2008 lalu sampai sekarang personilnya hanya 10 orang saja. Penyebabnya adalah kesenian ini dianggap rumit dan tidak relevan dengan jiwa muda mereka.

Group Rabano Pusako Minang hanyalah salah satu dari belasan Group Rabano yang ada di kecamatan Canduang. Di nagari Canduang Koto Laweh saja misalnya masih ada 6 Group yang terdapat di V Kampuang, Gantiang, Koto Tuo, Lubuak Awua, Batu Balantai,dan III Suku yang kebanyakan dari personialnya berumur lebih separoh baya. Belum lagi group-group Rabano lain yang terdapat di Lasi dan Bukik Batabua. | CMC-003 Fitrayadi





====================
Mohon komentar dan masukan...............!!!
Share postingan ini di facebook dan twiter anda. Click logo
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -