24 C
id

SIDANG SEBUAH BALAI

Kamis, 25 November 2010

Sidang Sabuah Balai adalah sidang masyarakat tempat bermusyawarah 4 umpuak membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat. Tentang ekonomi, adat, buek-parbuatan, agama dan lain-lain. Masyarakat yang 4 umpuak itu adalah Umpuak Koto Tuo, Umpuak Gantiang, Umpuak Lubuak Aua dan umpuak Batu Balantai. Masing-masing umpuak dipimpin oleh seorang Angku Ampek. Jadi, masyarakat yang 4 umpuak itu bersatu dalam permusyawaratan satu balai (Sabuah Balai).

DSC03968.JPGSetelah dipindahkan dari Balai Batimah, sekarang Sidang Sabuah Balai terletak di Surau Panjang (Surau Gonjong) disamping Masjid Jamik Lubuk Aua kenagarian Canduang Koto Laweh. Masjid yang berkapasitas lebih kurang 5000 orang ini termasuk masjid tua di kecamatan Canduang disamping Masjid Bingkudu V Suku bawah. Sekarang praktis musyawarah 4 umpuak selalu dilakukan di Masjid Jamik ini. Surau Panjang hanya dipakai sekali-sekali saja mengingat musyawarah di masjid masih dirasa pantas dan tidak memakan banyak waktu untuk berkumpul. Karena musyawarah sering dilakukan bakda Jum'at.

Di Lokasi ini juga ada pemaqaman umum. Banyak masyarakat yang ingin dimaqamkan disini atau ingin memaqamkan keluarganya yang meninggal di pemaqaman ini. Di samping Surau Gonjong juga terdapat kolam milik Sidang. Disamping Sidang terletak Surau Patah yang biasa dipakai untuk tempat Suluk.

Untuk mengurus aset-aset ini, Sidang Sebuah balai terkendala dalam pendanaan. Apakah anda berminat menjadi donatur? Silahkan Hubungi pengurus Hp. 085669111450 | SP. Tuanku Nan Sati


====================
Mohon komentar dan masukan...............!!!
Share postingan ini di facebook dan twiter anda. Click logo










Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -