24 C
id

PASKIBRA PROPINSI SUMBAR 2010 "TURUN GUNUNG" KE CANDUANG


Senin, 14 November 2010

Satu lagi terobosan dari Kecamatan Canduang, sebanyak 5 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka ) Propinsi Sumatera Barat tahun 2010 diundang "khusus" ke sekolah-sekolah untuk melatih para petugas upacara sesuai dengan protap yang sudah diatur secara nasional, di MTSN Ampek Angkek Canduang, Minggu ( 14/11 ). Kelima anggota Paskibaraka tersebut adalah Abdul Haris Manggala Putra ( siswa SMA Negeri I Bukittinggi ), Muhammad Iqbal Busra ( SMA Negeri 2 Lubuk Basung ), Dandy Nugraha ( SMA Negeri I Padang Panjang, Abil Darda ( SMA Negeri I Ampek Angkek ) dan Frastika Geovani ( SMA Negeri I Padang ). Menurut Camat Canduang Monisfar, kegiatan pelatihan upacara ini akan diselenggarakan secara marathon pada seluruh sekolah, termasuk Sekolah Dasar ( SD ), SMP, SMA dan Pondok Pesantren. Khusus untuk SD akan kita adakan pergugus nantinya, ujar Monisfar.

Latar belakang diadakan diadakannya pelatihan tata upacara ini, ungkap camat, mengingat masih ditemukannya hampir pada seluruh sekolah pelaksanaan dari upacara belum begitu maksimal dan sempurna, padahal untuk memupuk rasa disiplin dan rasa nasionalisme serta rasa menghargai jasa-jasa para pahlawan kita, akan tergambar pada momen upacara bendera ini. Secara tehnik, selain dalam bentuk teori yang akan dipaparkan nantinya oleh anggota paskibraka ini, juga sekaligus dalam bentuk praktek di lapangan. Pihak sekolah nantinya diharapkan dapat memilih siswa terbaiknya sebanyak 5 orang yang akan didik khusus, sehingga untuk masa mendatang siswa yang 5 orang ini saja lagi yang akan melakukan pembimbingan terhadap rekan-rekan yang akan ditunjuk sebagai petugas upacara nantinya. Selain itu, maksud hakiki dari kegiatan ini, kita sangat mengharapkan agar siswa-siswa, pada semua tingkatan nantinya, merasa termotivasi dan bisa mengembangkan diri untuk menjadi anggota paskibraka juga nantinya, baik untuk tingkat kabupaten, propinsi maupun tingkat nasional.

Senada dengan itu, Kepala MTSN Ampek Angkek Canduang Dra, Deswita, M.Pd memaparkan, sangat bersyukur dan berterima kasih sekali pada pihak pemerintah Kecamatan Canduang, yang telah menjadikan sekolah MTSN ini sebagai kegiatan perdana dalam pelatihan upacara oleh anggota paskibraka tingkat propinsi ini. " Dalam kegiatan ini, kita mengikutsertakan siswa kita sebanyak 40 orang, ditambah guru pembina, OSIS, para wakil kepala sekolah," ujar kepala sekolah yang memiliki semangat inovatif ini. Sementara ini, ketua tim pelatihan dari anggota Paskibraka Propinsi Sumatera Barat ini, Abdul Haris Manggala Putra menjelaskan, merasa salut dan bangga atas inisiatif dan kreatifitas dari pemerintah Kecamatan Canduang ini. " Sepengetahuan kami, baru kali pertama kami dari anggota Paskibraka yang diundang khusus untuk memberikan pelatihan mengenai tata cara upacara di sekolah-sekolah, sekaligus dapat berbagi ilmu serta menularkan pengalaman kepada rekan-rekan di Kecamatan Canduang," ujar Haris.| CMC-001- M Kayo

====================
Mohon komentar dan masukan...............!!!
Share postingan ini di facebook dan twiter anda. Click logo
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -