24 C
id

ASHABULYAMIN LAHIRKAN LAGI CALON ULAMA


CMC, Lasi
Senin, 7 Juli 2010

Syekh Zamzami Yunus kembali mewisuda angkatan ke 13 lulusan Pondok Pesantren Ashabul Yamin, Lasi Tuo Ahad, 5 Juli lalu. 21 orang murid dengan perasaan haru meng-Qabul Ijab Ijazah Sang guru disaksikan orang tua masing-masing. Mereka berasal dari Kecamatan Canduang dan sekitarnya.
Syekh berkata “Aku Ijazahkan segala ilmu yang telah aku ajarkan kepada-mu dengan syarat-syarat yang telah disebutkan”. Si murid menjawab “Saya terima”. Kalimat sakti ini dianggap sebagai syarat sahnya ilmu yang diterima dari Sang Guru yang akan disebarluaskan di tengah masyarakat.

Dalam pidatonya Syekh Zamzami Yunus menyampaikan taushiyah supaya tetap beramal dengan manhaj Ahlussunnah wal jama'ah dalam i'tiqad dan Mazhad Syafi'i dalam perkara syari'at. Jangan mudah terpengaruh oleh paham-paham yang belum tahu dasar nashnya. Jangan suka meniru-niru perkara yang tidak tahu dasar nashnya apalagi yang bukan bersifat Islamiy. Terjunlah dan mengabdilah untuk kemajuan dakwah dan penerang bagi masayarkat. Jangan mengistinbatkan hukum dengan dasar akal, tatapi merujuklah pada nash yang sharih. Syekh juga berterimakasih kepada pemuda atas peran sertanya dalam mensukseskan acara pemberian ijazah ini.

Pada acara ini nampak hadir Pimpinan-pimpinan pondok pesantren tetangga. Kepala Kementrian Agama RI Kabupaten Agam, Camat Canduang. Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd. Alumni-alumni dan undangan.

Dalam sambutannya Camat Canduang Monisfar, S.Sos juga menyampaikan kekagumannya pada ketokohan Syekh Zamzami Yunus di Lasi sebagaimana juga Syekh Sulaiman Arrasuli di Canduang. Camat juga memuji bahwa acara kali ini memang sangat luar biasa, karena dihadiri oleh tokoh-tokoh hebat masyarakat Canduang seperti Drs. H. Yetrizal Khatib Kepala Kementrian Agama RI Kabupaten Agam dan Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd mantan Kepala Kementrian Pendidikan RI Kabupaten Agam. Dengan demikian tidak mungkin lagi urusan agama dan pendidikan di kecamatan Canduang kan terabaikan lagi. Camat juga memuji pemuda Lasi yang tidak ada bandingannnya dengan pemuda lain di kecamatan Canduang dalam hal partisipasi dalam acara pemberian ijazah ini.
Camat Canduang dalam kesempatan itu juga memberikan penghargaan berupa piagam kepada peringkat 5 besar sebagaimana yang diberikannya pula pada Madrasah-madrasah di lingkungan kecamatan Canduang.

Syamsul Huda ketua pemuda Lasi mengaku kepada wartawan CMC saat di wawancarai kebahagiaannya dan ucapan terimakasih yang besar kepada pihak pesantren yang telah mengikut sertakan pemuda dalam mengangkat acara pemberian ijazah ini. Melalui momen ini pemuda bisa lebih berbaur dengan akademisi dan murid pesantren selaligus menempis image negatif masyarakat selama ini. Sebenarnya pemuda juga merasa memiliki dan ingin menjaga pesantren yang secara tidak langsung telah memajukan nagari Lasi | CMC-003 Fitrayadi

Syekh H. Zamzami Yunus (Pimpinan Pompes Ashabul Yamin)

Ijazawan sedang bersalaman dengan Asaatizd dan hadirin
Monisfar, S.Sos (Camat Canduang) sedang berpidato
Monisfar, S.Sos (Camat Canduang) memberi Piagam kepada 5 besar
Ijazawan sedang berikrar

Lihat Videonya di bawah ini


Video Dokumentasi pemberian Ijazah ke 13 Pompes Ashabul Yamin. Ahad, 6 Juni 2010
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -