24 C
id

Syekh H. Zamzami Yunus


Buya H. Zamzami yunus, seorang tokoh agama yang cukup terkemuka di Kecamatan Canduang dan pendiri Pondok Pesantren Ashhabul Yamin, Lasi, merupakan seorang figur pemimpin yang menarik untuk dicermati. Karena beliau seorang pendidik, ada kerisauan yang tak kunjung hilang dari hatinya hingga hari ini, yaitu dengan masih banyaknya para anak-anak usia sekolah yang belum mengecap dan memperoleh pendidikan yang layak di negeri ini. harapan beliau kedepannya adalah agar semua pihak betul-betul serius menyokong pendidikan ini dari berbagai aspek, sehingga generasi penerus menjadi sebuah generasi yang bisa diandalkan.
Disela-sela kesibukannya mengajar, kami sempat mengutip beberapa pembicaraan beliau tentang banyak hal, seperti " belum kita temukan realisasi beragama secara sungguh-sungguh dari masyarakat kita dalam segala hal, seperti bermasyarakat, berfikir dan bertindak sesuai dengan aturan yang digariskan agama". Beliau juga sempat bertutur dengan sedikit masygul tentang belum terdapatnya kesepahaman yang membangun antara Ulama dan Umara (pemrintah)', : "Ulama dan Umara merupakan dua pilar tak terpisahkan untuk membangun tatanan kehidupan masyarakat, tapi terkadang kedua unsur yang sangat penting ini tidak begitu akrab dan hangat, sebagai bukti, banyak fatwa ulama yang jarangditerapkan Umara dan sebaliknya banyak pula aturan-aturan Umara yang terkadang menyimpang dari nilai-nilai agama, karena minimnya komunikasi Umara dengan Ulama".
"Kita tentu berharap sesuai dengan hadits Rasulullah SAW, 'Ada dua golongan dari umatku, apabila baik keduanya, baiklah negara, apabila rusak keduanya, rusaklah negara, yaitu Ulama dan Umara'. Sehingga ada kerinduan yang tak kunjung redup agar terciptanya keharmonisan dan keselarasan antara Ulama dan Umara dalam mengayomi dan mensejahterakan masyarakat banyak" pungkas beliau sambil tersenyum simpul. | CMC-007-Akhyar Fuadi
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -