24 C
id

BAB IV VISI, MISI, TUJUAN, KEBIJAKAN DAN STRATEGI


Dalam melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan Kecamatan, pemerintah Kecamatan Canduang selalu mengacu kepada Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Agam yaitu “Agam Mandiri Berprestasi Yang Madani”, untuk itu Kantor Camat Canduang sebagai pelayanan masyarakat di Kecamatan Canduang menetapakan visi “TERWUJUDNYA KECAMATAN CANDUANG YANG MANDIRI”.
Untuk mewujudkan visi tersebut maka misi yang dilaksanakan antara lain :
1.       Peningkatan kualitas aparatur yang bersih dan berwibawa dialam melaksanakan pelayanan masyarakat yang didasari oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
2.       Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, baik aparatur pemerintah kecamatan dan nagari serta masyarakat Kecamatan Canduang.
3.       Meningkatkan peran nagari sebagai pemerintahan yang terendah dalam memacu pertumbuhan pembangunan sosial ekonomi daerah.
4.       Meningkatkan pertisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang berwawasan lingkungan.
5.       Meningkatkan usaha ekonomi sektoral dengan titik berat pada sektor pertanian dan home industri melalui koordinasi dengan lintas sektoral.
6.       Meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan dalam rangka meningkatkan sarana dan prasarana ekonomi dalam menunjang aktifitas perekonomian daerah, peningkatan sarana dan prasarana SDM masyarakat.
7.       Meningkatkan usaha ekonomi kerakyatan melalui penyampaian informasi peluang lapangan kerja, peluang peningkatan SDM melalui pendidikan formal dan non formal.
8.       Meningkatkan ketentraman dan ketertiban untuk mewujudkan supremasi hukum yang berlandaskan keadilan dan kebenaran.
9.       Meningkatkan kerjasama yang harmonis dilingkungan pemerintahan Kecamatan,  Kabupaten Agam dan pemerintahan nagari.
10.    Meningkatkan kinerja pemerintahan Kantor Camat Canduang sebagai ujung tombak pemerintah daerah Kabupaten Agam.
11.    Meningkatkan sarana dan prasarana Kantor Camat Canduang dalam rangka pelayanan umum dan profesionalisme.
Visi dan misi Kantor Camat Canduang ini mempunyai tujuan sebagai berikut :
1.       Meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan norma kehidupan beragama baik bagi masyarakat maupun bagi aparatur pemerintah di Kecamatan Canduang.
2.       Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat dan aparatur agar perilaku sehat, tangguh dan kompetitif.
3.       Meningkatkan peran serta tali tigo sapilin, tungku tigi sajarangan, lembaga sosial, organisasi sosial politik dan kemasyarakatan.
4.       Meningkatkan kepedulian dan peran serta kelembagaan masyarakat diperantauan dalam membangun kampung halaman.
5.       Meningkatkan peran serta kelembagaan masyarakat dan lembaga pemerintahan dalam menunjang pemerintahan nagari.
6.       Meningkatkan koordinasi dalam rangka peningkatan usaha ekonomi kerakyatan dan penciptaan lepangan kerja.
7.       Meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan untuk menghasilkan produk dokumen perencanaan yang sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dalam menunjang aktifitas perekonomian dan aksebilitas masyarakat melalui perencanaan partisipatif.
8.       Meningkatkan kerjasama yang harmonis untuk mewujudkan pelayanan prima ditengah-tengah masyarakat.
9.       Meningkatkan ketertiban dan keamanan serta tegaknya supremasi hukum dalam kehidupan masyarakat.
10.    Meningkatkan kinerja SKPD Kantor Camat Canduang melalui pengembangan Sumber Daya Aparatur dan pengembangan institusional.

Dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan diatas maka disusun kebijakan berikut :
1.       Pembinaan kehidupan beragama.
2.       Peningkatan SDM aparatur
3.       Peningkatan perencanaan partisipatif
4.       Pembinaan organisasi sosial kemasyarakatan
5.       Memfasilitasi pengembangan aktifitas ekonomi yang berbasis ekonomi kerakyatan dan potensi wilayah yang dimiliki dalam rangka mewujudkan keunggulan kooperatif dan kompetitif.
6.       Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
7.       Pengembangan agropolitan.
8.       Penanggulangan kemiskinan
9.       Pengembangan statistik
10.    Peningkatan pelayanan pemerintahan dan pembangunan
11.    Peningkatan sarana dan prasarana pelayanan umum.
12.    Penegakan supremasi hukum
13.    Peningkatan kinerja keuangan daerah.
Untuk mencapai tujuan diatas, maka strategi pembangunan pemerintah kecamatan Canduang adalah dengan mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana pelayanan umum, peningkatan SDM, penegakan supremasi hukum, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan serta pengembangan ekonomi kerakyatan.





Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -