24 C
id

LEMBAGA-LEMBAGA NAGARI SE-KECAMATAN CANDUANG STUDI TOUR KE SAWAHLUNTO

Lembaga-lembaga nagari se-kecamatan Canduang Study Tour ke peternakan sapi PT. LEMBU BETINA SUBUR Kandi, Sawah Lunto Sabtu (23/7). Rombongan yang berangkat dengan 2 bus pariwisata itu terdiri dari LPMN (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari), kepala-kepala jorong, wali nagari ketiga kenagarian, pengurus KAN, LKAAM, Karang Taruna, PLH Camat Canduang Drs. Surya Wendri, Monisfar, S.Sos, Bundo Kanduang dan pengurus PKK se kecamatan Canduang.

PLH Camat Canduang Drs. Surya Wendri mengakui bahwa Sawah Lunto sangat pontensial untuk peternakan sapi. Keadaan alam sangat mendukung. Ketersediaan tanah yang luas untuk kandang dan penyediaan rumput merupakan hal penting untuk sebuah peternakan. Lain halnya di Canduang, keadaan lahan yang sempit, itu yang menjadi kendala utama. Kalau rumput dan jenis-jenis makanan sapi serta tenaga ahli, di Canduang sudah cukup. Hasil studi ini mungkin hanya beberapa saja yang bisa diterapkan di kelompok-kelompok peternak sapi kita di Canduang nantinya pungkas Wendri.

Suatu kehormatan bagi rombongan, 2 orang putra terbaik Canduang yang bertugas diwilayah itu hadir menemani dan menfasilitasi. Yaitu Drs. Dedi Ardona M.SI yang bertugas sebagai Camat Talawi. Iptu Setria Witama, SH Kapolsek Talawi. Dedi menanyakan kepada wali nagari Canduang Koto Laweh tentang Tim Safari dari MMUS Canduang yang sampai sekarang belum juga ada kabar. Tahun-tahun sebelumnya, satu bulan sebelum ramadhan sudah ada surat masuk pada kami. Kemudian kami kondisikan dengan KUA Talawi untuk pengaturan jadwal safari Santri MMUS yang telah berjalan beberapa tahun itu.

Yoga seorang mahasiswa semester VI Universitas Bung Hatta Padang menyampaikan kekagumannya kepada Crew CMC saat transit dari Rengat ke Padang di Rumah Makan Sinar Harapan Saok Laweh Solok. Hal ini jarang terjadi, mungkin hampir tidak pernah saya lihat baik di Riau maupun di Sumbar Keakraban dan kekompakan perangkat-perangkat nagari sekecamatan. Hal ini terlihat dalam komunikasi dan pola tegur sapa mereka sejak masuk ke restoran sampai selesai makan tadi ungkap Yoga.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan oleh rombongan untuk berwisata di Taman Satwa Kandi. Bakda Zuhur dilanjutkan ke Danau Atas, kabupaten Solok |CMC-003

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
- Advertisment -
- Advertisment -