24 C
id

GELIAT PETANI BANGUN PASAR ALAMI


Jumat, 12 November 2010


Akhir-akhir ini, gairah petani untuk kembali mengolah dan memakai produk alami cukup menggembirakan. Ada yang menyebutnya dengan pertanian Organik, pertanian alami, Natural Farming dan lain-lain. Tidak terkecuali di kecamatan Canduang, geliat petani alami semakin nampak.

Karena sulitnya memasarkan produk pertanian alami ini, maka para petani di Canduang membentuk organisasi "Pasar Alami" membentuk jaringan antuk memasarkan produk-produk pertanian alami dari ladang dan sawah masing-masing.


Jum’at (22/10) lalu, para pelaku petani alami yang telah berpengalaman bertahun-tahun di IV Angkek dan  Canduang seperti Menhendri Pilubang, Nining Erlina Fitri Koto Tuo, Adri Basa Marajo Koto Tuo T. Dt Kalin Kayo dari III Suku, Syahrul dan Pono dari Ampang Gadang berkumpul untuk membangun organisasi Pasar Alami di Pusdiklat Pertanian Alami Parak Anau, Koto Tuo, nagari Canduang Koto Laweh. Pada pertemuan perdana itu disepakati untuk membangun sebuah organisasi yang mewadahi pemasaran produk pertanian alami yang dihasilkan oleh masing-masing petani baik dari kelompoknya maupun pribadi masing-masing. Produk pertanian yang akan dipasarkan adalah  beras dan palawija. Organisasi “Pasar Alami” yang diketuai Syafrialdi Katik Bareno ini siap menembus pasar pada pertengahan November mendatang.

Pada pertemuan Ahad (31/10) lalu di Koto Tuo, dibahas tentang AD & ART, rencana kerja dan penyisipan pengurus. Anggotanya bertambah menjadi 17 orang dengan luas lahan lebih dari 33 Hk. | CMC-003 Fitrayadi





====================
Mohon komentar dan masukan...............!!!
Share postingan ini di facebook dan twiter anda. Click logo
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -