24 C
id

KOMENTAR BUKU CMC

 Ir. H. Indra Catri, MSP
 ( Bupati Agam Periode 2010-2015 )

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Puji dan syukur Alhamdulilah kita kirimkan kepada ALLAH S.W.T yang telah memberi rahmat kepada kita bersama.
Saya menyambut baik dan mensyukuri diterbitkannya buku “Sapta Karya Kecamatan Canduang Dalam 1 Tahun CMC” ini dalam rangka satu tahun berdirinya lembaga informasi dan komunikasi masyarakat Kecamatan Canduang yaitunya Canduang Media Center (CMC).  Ucapan rasa syukur ini dirasakan juga oleh masyarakat Kecamatan Canduang.
Buku ini merupakan salah satu bentuk upaya publikasi dan informasi pembangunan Kecamatan Canduang yang diharapkan akan membawa angin segar bagi masyarakat Kecamatan Canduang, baik yang ada di kampung halaman ataupun di perantauan untuk selalu memantau dan memotivasi pemerintah Kecamatan Canduang untuk berkarya dalam mewujudkan Kecamatan Canduang yang sejahtera.
Pada kesempatan ini saya memberikan apresiasi yang luar biasa serta ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Canduang yang telah mampu mengakomodir suatu media informasi dan komunikasi dalam naungan Canduang Media Center (CMC) serta menggairahkankehidupan masyarakat, khususnya dalam merajut informasi dan komunikasi masyarakat. Saya yakin buku ini akan memiliki makna tersendiri dalam rangka menambah wawasan dan wacana masyarakat Kecamatan Canduang dan bagi pembaca pada umumnya.
Terakhir saya ucapkan selamat atas 1 tahun Canduang Media Center (CMC), buah karya selalu ditunggu masyarakat.



Drs. H. ARISTO MUNANDAR
( Bupati Agam Periode 2000-2005, 2005-2010 )
Buku “Sapta Karya Kecamatan Canduang Dalam 1 Tahun CMC” ini merupakan langkah maju bagi masyarakat Canduang. Buku ini sangat penting, mengingat pola sinergisitas serta penajaman program daerah di kecamatan sangat mutlak diperlukan.
Buku ini akan menjadi referensi serta tolak ukur untuk kemajuan Kecamatan Canduang pada masa mendatang, sebab melalui gambaran isi buku ini, akan terlihat dengan jelas “Mau dibawa kemana Kecamatan Canduang ini pada masa mendatang”, sekaligus juga diharapkan mampu menghimpun potensi para perantau untuk bergandeng tangan dalam memberikan warna untuk kemajuan Kecamatan Canduang khusunya dan Kabupaten Agam pada umumnya.



FAUZAN, SE, MM
(Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Agam)
Apresiasi yang Luar Biasa kami sampaikan kepada Tim Canduang Media Center, karena di usianya yang baru 1 tahun telah dapat memberikan kado bernilai tinggi untuk masyarakat Canduang, dan telah mampu menempatkan tuntutan butir-butir kalimat dibawah ini sebagai bagian dari program dan kegiatannya :
  1. dimana saja di zaman modern ini, permasalahan yang dihadapi oleh manusia sama saja, manusia yang dibesarkan dalam latar belakang yang dibentuk oleh generasi pendahulunya, harus berhadapan dengan arus budaya global yang sama sekali baru disikapi, disinggung, diseleksi, bahkan diterima. Sehingga tidak ada bedanya dimanapun kita hidup
  2. Mengayuh dan menggerakkan negeri ke masa depan, melewati naik turunnya perjalanan kehidupan, menggerakkan seluruh warga dengan berbagai persoalannya agar sanggup menempuh jarak, menuju cita-cita dan menghasilkan perubahan secara terus-menerus.
  3. Sebagian besar permasalahan kita dalam hidup berakar pada satu masalah mendasar, yaitu rasa keterpisahan dan kurangnya hubungan. Barangkali kesepian dan keterkucilan merupakan penyakit terbesar di bumi ini.
  4. tanggung jawab adalah kemampuan untuk memberikan respons terhadap semua peristiwa. Tanggungjawab adalah kemampuan untuk memperbaiki masalah secara tanggap, tak perduli siapapun yang menghasilkan maslahanya.
  5. beribadah bukanlah sekedar melakukan ritual “penyembahan” kepada Sang Pencipta namun harus menghasilkan efek pada kehalusan budi, kebahagiaan dan keterhubungan diri dengan seluruh kehidupan.
Dan telah berusaha menyingkapkan pintu, sehingga dunia luar telah dapat mengenal Canduang lebih dekat dan masyarakat Canduang sendiri pun mudah mengakses dunia luar.

Atas kerja kerasnya, kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Tim Canduang Media Center.
Semoga Tim Canduang Media Center Tetap lancar dan sukses...Amin.




ARMAN PILIANG
(Anggota DPRD Kabupaten Agam)
CMC sebagai produk media yang mengikuti teknologi yang berusaha menyampaikan situasi dan kondisi kecamatan Canduang secara keseluruhan, baik yang berada di Canduang maupun yang berada diluar Canduang. Barangkali sejak berkiprah di dunia maya, banyak hal-hal yang bisa dipantau oleh masyarakat yang tidak ada di kampung. Namun setelah satu tahun ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, diantaranya meningkatkan kualitas komunikasi dan informasi supaya masyarakat rantau bisa lebih merata mengetahui informasi tentang Canduang.
Meningkatkan informasi potensi daerah supaya terbuka peluang investasi untuk pembangunan Canduang.





BAKHTIAR SUTAN NAGARI
(Anggota DPRD Kabupaten Agam)
Luar Biasa, cuma itu kata-kata yang terucap ketika melihat buku “Sapta Karya Kecamatan Canduang Dalam 1 Tahun CMC” ini.
Tak pernah terbayangkan, tak pernah termimpikan, sebuah organisasi media online memiliki jiwa dan karsa serta komitmen kepedulian referensi dalam merangkul kepedulian arus informasi dan komunikasi dewasa ini, karena semua bukan hanya isapan jempol belaka dan lip servis semata, namun teraplikasi dalam sebuah action yang nyata.
Selamat berkarya CMC, terus maju untuk kemajuan nagari-nagari dan kecamatan kita ini, semoga karya ini menjadi acuan untuk berbuat lebih baik lagi pada masa mendatang.



IL SAPUTRA, ST
(Anggota DPRD Kabupaten Agam)
Buku ini merupakan suatu bukti, kalau Kecamatan Canduang mampu dan bisa berbuat untuk memajukan nagari dan kecamatan. Ini juga merupakan langkah maju bagi kecamatan kita dalam upaya menjalin komunikasi antar masyarakat rantau dan masyarakat kampung, sebab biar bagaimanapun, masyarakat kita khususnya yang berada diperantauan sangat haus akan informasi dari kampuang halaman….selamat buat CMC….


MIAZUDDIN ST. MARAJO
(Jurnalis Senior)
ADA yang unik dari kecmatan Canduang. Keunikan yang khas, yang belum ditemukan di kecamatan lainnya di Kabupaten Agam.
            Keunikan tersebut adalah adanya sebuah media dalam betnuk situs internet, di bawah label “Canduang Media Center (CMC)”. Media tersebut telah eksis sejak setahun lalu, dan keberadaannya telah menimbulkan multi dampak bagi kehidupan warga, khususnya warga Kecamatan Canduang, baik yang tinggal di kampung halaman, maupun di perantauan.
            CMC sebagai media informasi dan komunikasi, terbukti cukup ampuh. Banyak informasi pembangunan kampung halaman dan rantau bias diakses melalui CMC.
            Orang bijak mengatakan,siapa yang mampu menguasai informasi dan komunikasi, akan menguasai dunia. Begitu penting dan strategisnya keberadaan informasi dan komunikasi bagi kehidupan manusia. Hal itu sangat disadari para penggagas lahirnya CMC. Beruntungnya, gagasan tersebut mendapat dukungan dan sambutan hangat dari pihak kecamatan Canduang, termasuk Camat Canduang,Monisfar, S.Sos.
            Penulis merasa lebih beruntung, karena sempat membaca, walau sekelumit buku “Sapta Kakrya Kecamatan Canduang Dalam 1 Tahun Canduang Media Center. Buku tersebut memuat berita dan informasi yang pernah dirilis CMC dan media lainnya dalam setahun perjalanan hidupnya.
            Buku adalah kumpulan tertulis seputar manusia dan perikehidupannya. Buku Sapta karya Kecamatan Canduang  Dalam1 tahun CMC tersebut berisi catatan tentang kecamatan Canduang. Catatan  penting yang berguna bagi pelaku usaha, warga masyarakat, perantau, dan segenap aparatur pemerintahan Kecamatan Canduang ke depan. Dikatakan berguna,karena catatan dimaksud merupakan sebuah informasi yang berisikan peringatan, yang berguna sebagai pedoman dalam menentukan kebijakan, untuk mencapai hasil optimal.
            Sebagai seorang kuli tinta,yang telah bergelut dengan dunia pemberitaan puluhan tahun, sangat bangga dengan keberadaan CMC. Tetapi lebih bangga lagi dengan para penggagas,dan pendukung utama, sehingga CMC bisa lahir di bumi Canduang. Canduang boleh berbangga diri, karena merpakan satu-satunya kecamatan di Agam yang memiliki media komunikasi dan informasi seperti CMC.
Salut Buat CMC dan Kecamatan Canduang

RIFKI BAGINDO SUTAN
( Wali Nagari Ampang Gadang/ Pengurus PERWANA Agam )
Suatu terobosan yang sangat pantas untuk ditiru, rencana pembangunan disegala bidang di Kecamatan Canduang berjalan sesuai dengan rencana, yang terangkum dalam “Sapta Karya Unggulan Kecamatan Canduang”.
Tidak bisa dipungkiri lagi, Kecamatan Canduang sudah mewujudkan semua mimpinya karena sebuah rencana, dan 7 rencana pembangunan itu tertuang dalam buku “Sapta Karya Kecamatan Canduang dalam 1 tahun CMC”.
Isi buku yang sangat mudah dicerna oleh banyak kalangan, dan dapat dijadikan referensi yang baik untuk terwujudnya pembangunan yang maksimal dan merata.
Sukses untuk pemerintah Kecamatan Canduang atas peluncuran buku “Sapta Karya Kecamatan Canduang dalam 1 tahun CMC”. Semoga bermanfaat.




AL FATAH
(Journalist)
Jarang sebuah system pemerintahan yang berani memberikan program dan target jelas secara langsung pada masyarakat.
Komitmen nyata yang ditunjukkan Kecamatan Canduang bahkan melangkah lebih cepat dari pemerintahan diatasnya.
Peluncuran buku “Sapta Karya Kecamatan Canduang dalam 1 tahun CMC” ini menjadi bukti kesungguhan akan suatu program terencana sekaligus jaminan bagi seluruh masyarakat Canduang di kampuang dan perantauan.
Selamat atas peluncuran “Sapta Karya Kecamatan Canduang dalam 1 tahun CMC”, dan sukses untuk CMC.







KOMENTAR FACEBOOKER


'Irfan Kingston' buku ini sangat bermanfaat sekali utk pembangunan berkelanjutan dan dengan peluncuran buku ini masyarakat jadi tau kinerja dari CMC dan KEC.CANDUANG selama ini utk membangun nagari....dan dengan peluncuran buku ini para perantau juga tau kinerja CMC selama ini,dalam sebuah kinerja perlu pemaparan dan dari SAPTA KARYA ini lah yang tepat utk menunjukkan apa yang di lakukan selama ini dan terobosan apa yang sudah di lakukan selama ini...karena tak semua masyarakat kita tau dengan kemajuan teknologi jaman sekarang.....GOOD LUCK....
GusRizal Zen Gindo Semoga dengan diluncurkan buku CMC ko..bisa jadi tonggak sejarah kemajuan nagari canduang dalam berbagai bidang...jan takato juo dek urang canduang ba abuh..mari samo samo kito menuju canduang nan modern...!modern bukan berarti malupokn Adat basandi sarak sarak basandi kitabullah.. CANDUANG BISAA.. 
Bianglala Senja yang tak kalah penting adalah bagaimana kita membuat " SESUATU " ini menjadi lebih dari apa yg telah ada sekarang,atau dia hanya akan menjadi " INI " saja tanpa kebisaan utk lebih.....merintis sesuatu memang sangat berat,tapi menggandengkan... asas kontinuitas barangkali akan lebih rumit lagi,atau setidaknya akan memiliki esensi yg berbeda pada tingkat kesulitannya.CMC telah ada,mari kita berdayakan dan kita jadikan sebagai salah satu " MATA KITA" untuk mengawal SAPTA KARYA Kecamatan Canduang.
Buat urang dapua : sukses atas apa yang telah anda lahirkan,jangan biarkan " DIA " bermuran durja karena tak lagi kau belai mesra dengan talentamu yangada. Buat CMC 001 : semoga tetap kaya dengan ide ide cemerlangnya un tuk Kampuang Kito,Canduang menunggumu untuk melahirkan kembali hal hal yang mampu menjawab setiap pertanyaan Canduang.
Mak Angah dengan adanya buka ini mudah2an dapat untuk memicu sumangat juang bagi masarakat kec.canduang dalam segi pembangunan dan pembinaan nagari dan masyarakat ,untuk manuju nagari yang aman makmur dan tentram,.maka kemajuan akan mengikutinya dari belakang.amiiii nnnnnnnn....................


Melfi Abra Semua ide, kreasi, pengalaman, akan menjadi ilmu yang bisa diterapkan bahkan bisa jadi teori yang dijadikan referensi bila didokumentasikan dan ditulis dalam bentuk buku. Penerbitan buku ini perlu didukung penuh.
Dan saya berikan apresiasi yang tinggi untuk usaha ini, yang jelas sebuah kreasi telah dimulai, mudah-mudahan jadi trend dan inspirasi bagi kita.

Saran saya: Jika komentar-komentar akan dimasukkan dalam komplimen buku itu, para pemberi komentar tentunya harus membaca dan memahami isi bukunya. Bukan asal komen dan apalagi kalau komentnya dibuatkan oleh penulis dan tinggal tandatangan. Dan yang pasti yang akan dikomen bukan tampilan judul dan cover bukunya... kayak yang diributkan komentator di atas..ha..ha..
Adeks Rossyie Mukri ‎..Selamat pak Monisfar dan pak Hutri. Ini namanya berbagi 'ilmu' Mudah-mudahan kecamatan lain (bahkan mungkin luar) di Sumatra Barat, bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari uraian buku ini.... Kita tunggu kiriman bukunya di : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kota Bukittinggi, Jalan Perwira No. 54 Belakang Balok ...Bukittinggi-26137

Asrial Gindo salamaik pak camat, teruslah berkarya, kami selalu mendukungnya, dan jan lupo dikiriman bukunnyo untuk kito ciek pak camat


Armel Basri CMC mmg masih muda mentah dalam sgala hal bila dibandingkan dengan media2 lainnya. Kekurangan2 tsb tentunya harus ditutupi secara bersama dengan sgala pihak, terutama pihak Pemda Agam. Bayangkan CMC lahir hanya dengan sebuah te...kat dri sekllompok org2 yg cinta dg kampuang halamannya. CMC lahir dg bermodalkan kepercyaan dari pemilik barang2 pinjaman, tapi telah mampu menjembatani masyarakat Canduang di rantau dg masayarakat kampuang. Bahkan telah mampu berbuat sebagai media informasi bagi masyarakat Perantau canduang.

Erison J Kambari ‎...dikemasnya derap langkah nagari Canduang dalam rangkaian kata-kata sebentuk buku tentunya bukanlah kreatifitas yang asal jadi....tapi inilah sebentuk KESUNGGUHAN HATI...dan ketika kreasi anak nagari itu diterbitkan dalam sebentuk buku...... maka itulah sepenggal CATATAN SEJARAH.....sebuah torehan indah di atas hamparan geliat pembangunan nagari ranah minang....Angkat topi dan ancungan jempol setulus hati untuak Hutri sang penulis..decak kagum dan simpati yang bukan basi-basi untuk Pak Camat Monisfar Kayo...tetaplah dengan ke-'low profil'-an mu Pak Camat....tetaplah dengan kreatifitasmu menggili-gili IT membagi kabar..mempertautkan rang kampuang jo rang rantau dalam jalinan silaturrahmi alam maya ini....(soal isi buku, no komen se luh Pak Camat...malakik bukuno dapek…)
Kasra Scorpi alah dapek bukunyo ciek tadi siang, lai rancak, cuma profil kecamatan canduang alun lengkap di dalamnyo, baa bana canduang tu paralu dijalahekan di buku tu,


Khairul Fahmi mantap...! tidak hanya sekedar bicara, tapi juga berbuat. buku itu adalah buah pikiran. perubahan tidak akan pernah terwujud bila pikiran cerdas tidak dibangun. perubahan akan berawal dari perubahan pemikiran itu. buku itu sebuah lompatan kecil yang berarti besar bagi kemajuan canduang. Canduang, go a head! congratulation for pak camat canduang n inyiak walinagari 3 nagari saedaran gunuang marapi dalam lingkaran kecamatan canduang... :)
Alfi Yandra Kalau kita melihat, sesuai dengan visi kecamatan canduang semoga melalui buku ini sosok anak nagari serta masyarakat termotivasi untuk terus berkarya dan kreatif dalam mengembangkan bakat,minat serta membangun mental yang mandiri dalam berba...gai integritas dari berbagai sisi positif...
>> continue work...good luck !!! privatisasi_kah ini !!!

Armi Yati Dasril MUdah2an tidak hanya menjadi ceremonial saja, dapat dijadikan contoh di Kecamatan lain dan ada manfaatnya.....ini dijual kah ( dimana?) atau di gratiskan......mau donk pak Bup.....


David Andrean Untuk CMC selamat atas karya-karya yang telah dilahirka, selamat untuk para crew yang sudah membuktikan menjadi Tim yang solid dengan segala keterbatasan, jangan pernah berhenti berkarya.
Berbuat lah selagi kamu bisa berbuat, jangan berhenti untuk melahirkan karya-karyamu. Selamat ulang tahun CMC dan selamat untuk peluncuran buku "Sapta Karya Kecamatan Canduang Dalam 1 Tahun CMC".


ZULKARNAIN BATUBARA, MAg
( KUA Kecamatan Canduang)
Kalau kita lihat sejak peluncuran CMC, ada langkah maju di kecamtan Canduang sehingga mengikuti perkembangan since dan teknologi. Apa yang telah diusahan oleh crew CMC, menampakkan dampak positif terutama dalam mengekspos berita tentang kecamatan ini. Suatu langkah maju sekali lagi dan patut diberi apresiasi yang sangat besar kepada crew CMC dan kepada bapak camat. Kita melihat yang dinformasikan kelihatannya belum menyeluruh, hanya semacam parsial atau spesifik belum secara menyeluruh dari apa yang ada dari masyarakat kita. Sebaiknya diinformasikan keseluruhan termasuk juga bersifat keagamaan.






















Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

1 komentar

  1. Nak rang canduang lo.12 September 2011 pukul 20.03

    Salut berat buat CMC, smg dapat mempercepat kemajuan kec. canduang.

    BalasHapus
- Advertisment -
- Advertisment -