24 C
id

Bupati Agam Berikan Pencerahan pada KPA

Bupati Kabupaten Agam Indra Catri memberikan pencerahan kepada anggota Komunitas Petani Alami (KPA) di Nagari Canduang Koto Laweh, Kecamatan Canduang, Selasa.

KPA ini merupakan sebuah organisasi gabungan dari kelompok tani dan peserta yang hadir pada kesempatan itu merupakan utusan masing-masing kelompok tani.


Pada kesempatan itu, pencerahan yang diberikan Bupati Agam Indra Catri kepada KPA tersebut tidak terlepas dari ketahan pangan yang bersumber dari visi Kabupaten Agam yang telah dilakukan lima tahun kemaren yaitu Agam Menyemai. Namun untuk lima tahun kedepan juga dicanangkan visi Berkeadilan Inovasi Sejahtera dan Agamais (BISA).

Menurut Indra Catri, dengan dijalankan program itu ketahanan pangan masyarakat bisa meningkat dan menciptakan gizi dimana-mana dan makanan yang dimakan bisa terkontrol.

"Disamping menanam sayuran atau buah-buahan di kebun, usahakan diperkarangan rumah juga ditanam. Jadi, yang di perkarangan rumah untuk dimakan oleh anak cucu, sementara yang di kebun untuk dijual, usahakan tanaman yang ditanam itu ada surplusnya," terang Indra Catri.

Selain itu, bupati juga mengatakan dari segi kerukunan sosial buatlah anak cucu yang dirantau untuk merindukan dan betah pulang kampung. Hal ini juga bisa dilakukan dengan berkolam ikan dan membersihkan perkarangan rumah serta WC dan lainnya.


"Jika berkolam jangan lupa mengasih anak cucu, sebab dari pemberian kita itu menjadi suatu kenangan bagi mereka yang nantinya menjadi bahan untuk membanggakan kita nantinya," ujar Indra.

Lebih lanjut Indra menyampaikan kepada anggota KPA itu untuk selalu meramaikan masjid, bawa dan ajak anak cucu untuk meramaikan masjid, ajarkan mereka mengaji dan hafiz Al Qur'an, sehingga mereka nantinya menjadi generasi penerus untuk memasyarakatkan agama Islam. (Tam/AMC)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -